Friday, March 13, 2009

IDE-IDE YANG SERING DIPAKAI DI DUNIA KREATIF


Siapa bilang kreatif itu susah?

Semua orang yang masih hidup harus dan wajib untuk kreatif, sebab kreatif itulah yang membuat manusia survive dalam menghadapi hidup. Kreatif bukan cuma milik orang-orang yang bekerja di bidang kreatif, tapi harus jadi milik semua orang.

Dalam terjemahan bebas, kreatif bisa diartikan sebagai:

Berpikir, bertindak, berbuat dan mencipta sesuatu yang…
•    benar-benar baru
•    berbeda dari cara-cara lazim/normal
•    belum pernah dilakukan orang lain

KREATIF adalah melihat hal biasa dari sudut pandang yang tidak biasa dan BERBEDA!


Sumber: luqmanhakim.multiply.com

Hal yang sering berlaku di dunia periklanan, perfilman, broadcasting, dan sebagainya, kreatif adalah elemen yang menghentak pikiran orang lain untuk tertarik pada satu bentuk ide, kemudian berlanjut untuk mengetahui keseluruhannya.

Elemen yang paling penting dalam sebuah iklan adalah bagaimana caranya agar bisa menarik perhatian orang lain.

Yang mahal dari sebuah iklan adalah cara bagaimana membuat orang mau menengok dulu. Tertarik urusan belakangan, yang penting gimana caranya mau ngeliat dulu. Selanjutnya baru dari pihak orang-orang marketing yang akan membuat calon konsumen itu terikat akan ketertarikan iklan dan akhirnya jadi konsumen.

Iklan, apapun ujung-ujungnya cuma poin-poin yang tersebut di bawah ini. Nggak ada sesuatu yang baru, ide-idenya cuma berkisar pada yang tersebut di bawah ini. Dibahas dari sekian banyak ragamnya, dari cara dan kebiasaan dan cara orang kreatif menarik perhatian yang sering diterapkan dalam bentuk audio, visual, juga keduanya, audio visual.

Contoh di bawah ini lebih ke arah visual karena lebih mudah memasukkan link gambar ketimbang memasukkan link video atau audio, bisa berat loading halaman ini nantinya!


Catatan: Klik gambar untuk memperbesar, bukan diemut


1.  Beauty

Hal yang paling mudah adalah menggunakan perempuan cantik. Korelasinya bisa berbanding terbalik, model iklan jadi terkenal karena membintangi produk, sedang produk tersebut belum tentu terdongkrak penjualannya karena dibintangi oleh si model.

Contohnya banyak, Elma Theana ngetop setelah membintangi Xon Ce. Pun yang baru-baru ini, Sharena Gunawan jadi ngetop dan main di beberapa sinetron setelah membintangi iklan XL.

Ide yang jadi buah simalakama bila tidak disiasati dengan benar.



2.  Famous

Ini juga hal yang termudah, menggunakan bintang terkenal sebagai model iklan. Berusaha menggunakan pendekatan simbiosis mutualisma dan win-win solution dari keterkenalan model iklan, bisa artis, olahragawan, politisi atau siapapun untuk mendongkrak penjualan produk.





3.  Blank Media

Hal dan bagian-bagian yang banyak kosong sebagai penarik perhatian. Sebuah media iklan memang sengaja dikosongkan dari materi, hanya satu atau sedikit objek yang dimunculkan elemen utama dari keseluruhan media. Kosong itu hanya diisi oleh warna latar belakang tertentunya saja. komposisi yang kering dan layout datar adalah ciri utamanya.

Kelemahanya, ide ini bila sering digunakan, anggapan awam terhadap orang kreatifnya adalah, "Pasti lagi keabisan ide!"



4.  Picture Talks

Tanpa banyak kata, gambar yang berbicara dan menjelaskan.





5.  Narrative Picture

Gambar yang bercerita. Hampir sama dengan konsep 'Picture Talks', hanya saja pemaknaan cerita di sini lebih menguatkan pada kisah dibalik cerita. Bisa diambil dari visualisasi dongeng, novel, cerita rekaan atau keadaan yang sebenarnya.



6.  Mix and (not have to) Match

Menggabung-gabungkan hal-hal umum sampai aneh dan janggal yang ditemui di kehidupan. Terkadang, penggabungan yang tidak saling berhubungan justru jadi elemen utama yang menarik perhatian.
               



7.  Symbolism

Penggunaan simbol sebagai elemen yang menarik perhatian.
               


  8.  Comparation

Membanding-bandingkan objek yang satu dengan objek yang lainnya. Hal terbodoh yang paling parah adalah menggunakannya untuk arti yang kelewat harfiah, perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan produk, meski sering juga ide ini diganti dengan hal yang lain, beragam bentuk yang berbeda.

Namun pada dasarnya sama, yaitu membuat perbandingan sebagai elemen yang menarik perhatian.



9.  Repetition & Accumulation

Pengulangan objek dengan distorsi akhir sebagai unsur yang menarik perhatian.





10.  Denial

Penyangkalan terhadap yang ditampilkan sebagai unsur yang menarik perhatian.
               



11.  Exaggeration Distortion

Hal yang wajar dilebih-lebihkan, dijadikan unsur untuk menarik perhatian.
               



12.  Subtraction Distortion

Hal yang wajar malah dibuang kewajarannya dan dijadikan unsur untuk menarik perhatian.





13.  Paradox

Hal yang tak mungkin jadi elemen utama yang menarik perhatian.
           

 


14.  Ambiguity

Bahasa visual yang bermakna ganda untuk menarik perhatian.
           

 


15.  Absurd & Surrealism

Hal yang tak pernah dipikirkan orang, keanehan kejanggalan dan fantasi yang tak mungkin, dipakai untuk jadi unsur yang menarik perhatian.
               

 


16.  Optical Illusion

Permainan garis, bentuk, bidang dan warna yang dijadikan unsur yang menarik perhatian.





17.  Violance Provocation

Sarkastis, hal yang berkenaan dengan kekerasan dan sadisme sebagai unsur yang menarik perhatian.
               



  18.  Pornography Provocation

Di Indonesia jelas dilarang. Tapi di beberapa negara diperbolehkan apabila tidak terlalu mengandung unsur erotisme pengundang birahi dan masih dalam kategori yang mengedepankan faktor intelektual. Konsep yang dalam penerapannya sering mengundang kontroversi.
   


19.  Time Playing & Romantism

Membangkitkan romantisme masa lalu untuk menarik perhatian.




20.  Perspective View

Elemen grafis, foto dan objek sebagai bentuk perspektif dan menjadikannya elemen yang menarik perhatian. Elemen diafragma dalam fotografi, bagian-bagian DOF (Depth of Field), adanya bagian yang tajam dan blur juga merupakan konsep ini.
               



21.  Humour

Menggunakan humor dan hal-hal lucu sebagai unsur yang menarik perhatian.
               



22.  Parody

Hampir sama dengan humor, hanya di sini membelokkan hal yang pernah ada jadi unsur parodi untuk menarik perhatian.
                  



  23.  Cartoon & Comic Charater

Tak bisa dipungkiri, tokoh kartun dan komik adalah elemen yang mudah dicerna dalam menarik perhatian. Konsep ini bisa menerapkan tokoh kartun dan komik yang sudah ada atau justru malah menciptakan baru.
                   

 


24.  Illustration

Ilustrasi adalah elemen yang menarik dalam iklan, mengusung konsep yang disajikan secara visual yang tidak bisa diwakilkan dengan elemen yang real atau malah memang disengajakan mengesampingkan elemen visual yang real seperti gambar atau adegan yang nyata.
               

 


25.  Game & Playing

Hal-hal yang berkenaan dengan permainan jadi unsur yang menarik perhatian.




  26.  Part of Unity

Menekankan bagian-bagian tertentu dari elemen visual dan bukan bentuk yang utama atau utuh. Namun elemen ini justru jadi bagian yang menguatkan dan menarik perhatian.
               



  27.  Playing Words

Permainan kata-kata yang jadi penarik perhatian. Kata-kata tersebut bisa berupa font yang dibentuk secara grafis atau secara harfiah lebih pada permainan kata-kata yang sesungguhnya dalam kaidah bahasa (pantun, puisi, kutipan).
                   



  28.  Graphic Words

Permainan susunan huruf yang membentuk grafis, gambar atau simbol sebagai penarik perhatian.
               

 


29.  Metaphor & Analogy
 
Menggunakan kiasan visual sebagai elemen yang menarik perhatian.
                   

 


30.  Camouflage

Penyamaran, menggunakan kiasan dalam kehidupan sehari-hari sebagai elemen penarik perhatian.
               



  31.  Censorship

Bisa jadi, bagian-bagian yang disensor justru jadi elemen yang menarik perhatian.
               



  32.  Human Interest

Biasanya digunakan pada PSA (Public Service Advertisement) ILM (Iklan Layanan Masyarakat). Materi visual yang menggugah perasaan seseorang tentang rasa kemanusiaan itu sendiri.
               



Dan sebenarnya masih banyak lagi, Kreatif itu tidak terbatas dan selalu terbang bebas mencari hal-hal dan ide-ide baru. Kalaupun ada yang baru, biasanya hanya menggabung-gabungkan konsep yang pernah ada jadi kelihatannya seperti baru.

Pada dasarnya, berpikir kreatif di Dunia Kreatif adalah berpikir dalam konteks yang disebutkan sebelumnya, 'out of frame', 'out of border' dan 'out of the box'. Ide-ide yang ada memang melulu mengacu dari konsep-konsep yang dipaparkan.



Sumber Gambar: Googling internet
Sumber Tulisan: Analisa dari berbagai sumber