Siapa bilang kreatif itu susah?
Semua orang yang masih hidup harus dan wajib untuk kreatif, sebab kreatif itulah yang membuat manusia survive dalam menghadapi hidup. Kreatif bukan cuma milik orang-orang yang bekerja di bidang kreatif, tapi harus jadi milik semua orang.
Dalam terjemahan bebas, kreatif bisa diartikan sebagai:
Berpikir, bertindak, berbuat dan mencipta sesuatu yang…
• benar-benar baru
• berbeda dari cara-cara lazim/normal
• belum pernah dilakukan orang lain
KREATIF adalah melihat hal biasa dari sudut pandang yang tidak biasa dan BERBEDA!
Sumber: luqmanhakim.multiply.com
Hal yang sering berlaku di dunia periklanan, perfilman, broadcasting, dan sebagainya, kreatif adalah elemen yang menghentak pikiran orang lain untuk tertarik pada satu bentuk ide, kemudian berlanjut untuk mengetahui keseluruhannya.
Elemen yang paling penting dalam sebuah iklan adalah bagaimana caranya agar bisa menarik perhatian orang lain.
Yang mahal dari sebuah iklan adalah cara bagaimana membuat orang mau menengok dulu. Tertarik urusan belakangan, yang penting gimana caranya mau ngeliat dulu. Selanjutnya baru dari pihak orang-orang marketing yang akan membuat calon konsumen itu terikat akan ketertarikan iklan dan akhirnya jadi konsumen.
Iklan, apapun ujung-ujungnya cuma poin-poin yang tersebut di bawah ini. Nggak ada sesuatu yang baru, ide-idenya cuma berkisar pada yang tersebut di bawah ini. Dibahas dari sekian banyak ragamnya, dari cara dan kebiasaan dan cara orang kreatif menarik perhatian yang sering diterapkan dalam bentuk audio, visual, juga keduanya, audio visual.
Contoh di bawah ini lebih ke arah visual karena lebih mudah memasukkan link gambar ketimbang memasukkan link video atau audio, bisa berat loading halaman ini nantinya!
Catatan: Klik gambar untuk memperbesar, bukan diemut
1. Beauty
Hal yang paling mudah adalah menggunakan perempuan cantik. Korelasinya bisa berbanding terbalik, model iklan jadi terkenal karena membintangi produk, sedang produk tersebut belum tentu terdongkrak penjualannya karena dibintangi oleh si model.
Contohnya banyak, Elma Theana ngetop setelah membintangi Xon Ce. Pun yang baru-baru ini, Sharena Gunawan jadi ngetop dan main di beberapa sinetron setelah membintangi iklan XL.
Ide yang jadi buah simalakama bila tidak disiasati dengan benar.
2. Famous
Ini juga hal yang termudah, menggunakan bintang terkenal sebagai model iklan. Berusaha menggunakan pendekatan simbiosis mutualisma dan win-win solution dari keterkenalan model iklan, bisa artis, olahragawan, politisi atau siapapun untuk mendongkrak penjualan produk.
3. Blank Media
Hal dan bagian-bagian yang banyak kosong sebagai penarik perhatian. Sebuah media iklan memang sengaja dikosongkan dari materi, hanya satu atau sedikit objek yang dimunculkan elemen utama dari keseluruhan media. Kosong itu hanya diisi oleh warna latar belakang tertentunya saja. komposisi yang kering dan layout datar adalah ciri utamanya.
Kelemahanya, ide ini bila sering digunakan, anggapan awam terhadap orang kreatifnya adalah, "Pasti lagi keabisan ide!"
4. Picture Talks
Tanpa banyak kata, gambar yang berbicara dan menjelaskan.
5. Narrative Picture
Gambar yang bercerita. Hampir sama dengan konsep 'Picture Talks', hanya saja pemaknaan cerita di sini lebih menguatkan pada kisah dibalik cerita. Bisa diambil dari visualisasi dongeng, novel, cerita rekaan atau keadaan yang sebenarnya.
6. Mix and (not have to) Match
Menggabung-gabungkan hal-hal umum sampai aneh dan janggal yang ditemui di kehidupan. Terkadang, penggabungan yang tidak saling berhubungan justru jadi elemen utama yang menarik perhatian.
7. Symbolism
Penggunaan simbol sebagai elemen yang menarik perhatian.
8. Comparation
Membanding-bandingkan objek yang satu dengan objek yang lainnya. Hal terbodoh yang paling parah adalah menggunakannya untuk arti yang kelewat harfiah, perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan produk, meski sering juga ide ini diganti dengan hal yang lain, beragam bentuk yang berbeda.
Namun pada dasarnya sama, yaitu membuat perbandingan sebagai elemen yang menarik perhatian.
9. Repetition & Accumulation
Pengulangan objek dengan distorsi akhir sebagai unsur yang menarik perhatian.
10. Denial
Penyangkalan terhadap yang ditampilkan sebagai unsur yang menarik perhatian.
11. Exaggeration Distortion
Hal yang wajar dilebih-lebihkan, dijadikan unsur untuk menarik perhatian.
12. Subtraction Distortion
Hal yang wajar malah dibuang kewajarannya dan dijadikan unsur untuk menarik perhatian.
13. Paradox
Hal yang tak mungkin jadi elemen utama yang menarik perhatian.
14. Ambiguity
Bahasa visual yang bermakna ganda untuk menarik perhatian.
15. Absurd & Surrealism
Hal yang tak pernah dipikirkan orang, keanehan kejanggalan dan fantasi yang tak mungkin, dipakai untuk jadi unsur yang menarik perhatian.
16. Optical Illusion
Permainan garis, bentuk, bidang dan warna yang dijadikan unsur yang menarik perhatian.
17. Violance Provocation
Sarkastis, hal yang berkenaan dengan kekerasan dan sadisme sebagai unsur yang menarik perhatian.
18. Pornography Provocation
Di Indonesia jelas dilarang. Tapi di beberapa negara diperbolehkan apabila tidak terlalu mengandung unsur erotisme pengundang birahi dan masih dalam kategori yang mengedepankan faktor intelektual. Konsep yang dalam penerapannya sering mengundang kontroversi.
19. Time Playing & Romantism
Membangkitkan romantisme masa lalu untuk menarik perhatian.
20. Perspective View
Elemen grafis, foto dan objek sebagai bentuk perspektif dan menjadikannya elemen yang menarik perhatian. Elemen diafragma dalam fotografi, bagian-bagian DOF (Depth of Field), adanya bagian yang tajam dan blur juga merupakan konsep ini.
21. Humour
Menggunakan humor dan hal-hal lucu sebagai unsur yang menarik perhatian.
22. Parody
Hampir sama dengan humor, hanya di sini membelokkan hal yang pernah ada jadi unsur parodi untuk menarik perhatian.
23. Cartoon & Comic Charater
Tak bisa dipungkiri, tokoh kartun dan komik adalah elemen yang mudah dicerna dalam menarik perhatian. Konsep ini bisa menerapkan tokoh kartun dan komik yang sudah ada atau justru malah menciptakan baru.
24. Illustration
Ilustrasi adalah elemen yang menarik dalam iklan, mengusung konsep yang disajikan secara visual yang tidak bisa diwakilkan dengan elemen yang real atau malah memang disengajakan mengesampingkan elemen visual yang real seperti gambar atau adegan yang nyata.
25. Game & Playing
Hal-hal yang berkenaan dengan permainan jadi unsur yang menarik perhatian.
26. Part of Unity
Menekankan bagian-bagian tertentu dari elemen visual dan bukan bentuk yang utama atau utuh. Namun elemen ini justru jadi bagian yang menguatkan dan menarik perhatian.
27. Playing Words
Permainan kata-kata yang jadi penarik perhatian. Kata-kata tersebut bisa berupa font yang dibentuk secara grafis atau secara harfiah lebih pada permainan kata-kata yang sesungguhnya dalam kaidah bahasa (pantun, puisi, kutipan).
28. Graphic Words
Permainan susunan huruf yang membentuk grafis, gambar atau simbol sebagai penarik perhatian.
29. Metaphor & Analogy
Menggunakan kiasan visual sebagai elemen yang menarik perhatian.
30. Camouflage
Penyamaran, menggunakan kiasan dalam kehidupan sehari-hari sebagai elemen penarik perhatian.
31. Censorship
Bisa jadi, bagian-bagian yang disensor justru jadi elemen yang menarik perhatian.
32. Human Interest
Biasanya digunakan pada PSA (Public Service Advertisement) ILM (Iklan Layanan Masyarakat). Materi visual yang menggugah perasaan seseorang tentang rasa kemanusiaan itu sendiri.
Dan sebenarnya masih banyak lagi, Kreatif itu tidak terbatas dan selalu terbang bebas mencari hal-hal dan ide-ide baru. Kalaupun ada yang baru, biasanya hanya menggabung-gabungkan konsep yang pernah ada jadi kelihatannya seperti baru.
Pada dasarnya, berpikir kreatif di Dunia Kreatif adalah berpikir dalam konteks yang disebutkan sebelumnya, 'out of frame', 'out of border' dan 'out of the box'. Ide-ide yang ada memang melulu mengacu dari konsep-konsep yang dipaparkan.
Sumber Gambar: Googling internet
Sumber Tulisan: Analisa dari berbagai sumber
65 comments:
menarik sekali, saya print out :D, baca sambil tiduran santai
mas menarik sekali tulisannya
memberi pencerahan banget
waowwwwww oke baingeeeeetttt neh.... makasih om luqman atas : tahukah anda?
aku kangen itu.....
out in out... kata bedebah dendy... hahaha....
Semoga berguna...
Semoga berguna...
Semoga berguna...
Semoga berguna...
Ha ha ha... udah lebih 3 kali aku ngomong begitu.
Katanya 3 kali dapet gelas, ato dapet timpuk gelas? Ha ha ha...
Hehehehe.... Koq sama bahasannya dengan yg gw pelajari di IMAGO ya...
Yang ini lebih lengkap...
owh, ternyata begitu ya kang??? baru tau aku :p
Bikin ini bukan terilhami karena SBY di Transtv kemarin bicara tentang thinking out-of-the-box kan hahaha...
Intinya, kalau tidak kreatif, orang itu sama saja mati. Contoh: mayoritas PNS.
Kalau dosen/peneliti, semboyannya: publish or perish
Sebenernya masih lebih banyak lagi siy...
He he he, nggak lah, ini bikin udah lama, yang bikin lama itu nempel-nempelin link-link gambarnya aja.
boleh di jadikan link ke MP sya, mas?
kayak isi kuliah kreatif....
wooow...
kamu mau nyindir advertising di sini kan Man? he he habisnya dua contoh yg produk lokal di atas amat sangat gak kreatip.
mantep2.....
wah terima kasih mas, bener kreatif dan inspiratif tulisan yang satu ini...
btw..tips2 untuk menjadi seorang kreator sejati tuh gimana ya? mohon pencerahan...:)
Monggo Mas, silahkan...
GPL kok, General Public License, semua orang bebas memanfaatkan selama menyantumkan sumber aslinya...
Teori ini yang sering ditutup-tutupi di kalangan kreatif Mas, makanya dibongkar di sini...
Kenapa...?
Kenapa...?
Wah... nggak lah Mas. Nggak ada sindiran di tulisan ini. Cuma awalnya aku pengen masukin semua advertising buatan Indonesia, cuma nggak lengkap seperti bahasan teori yang kutulis, yang ada malah kebanyakan dari advertising luar.
Nah, yang mengena untuk teori Beauty sama Famous itu ya advertising dari Indonesia. Plus lengkap dengan fenomenanya biar yang baca juga bisa mereka-reka...
Berarti dalang wayangnya ada 2 dong...
Ki Mantep sama Ki Mantep...
Wah Mas, jangan tanya saya, soale saya di kantor untuk urusan kerjaan kreatip saya nggak kreatip, tapi buat kerjaan selain kerjaan kantor boleh deh, he he he...
Paling acuan di tulisan atas tuh, yang hurufnya gede-gede, yang warnanya merah marun...
emang bener-bener blog yang kreatip....
wah walau telat aku,
tp elmunya sangat bermanfaat kang, terim kasih
kursus singkat bersama buluk. bravo!
keren, belajar banyak di artikel ini...
kusuka pendekatan pornograpi tentunya.... kaya iklan, pas susunya....
berguna sekali mas, thank you for sharing.
btw, kreativitas juga bisa diartikan sebagai menemukan "new way of connection" dari elemen-elemen yang samasekali tidak baru. kalau bener-bener baru, sudah masuk ranah "invention", penemuan.
terimaksih mas.... karena berbagi ilmu...........
emangnya mas kerjadi mana? dibidang apa?
mantep abis post yg ini, mas. bookmark, ah. :D
thanks for sharing mas...
copas ya...
Thx Mas...
Nggak kok Kang, nggak ada yang telat...
Haiyah...
Dasar...! Teori paling dangkal dari kebutuhan manusia banget ya, Mas Unggul? He he he....
Dan sekarang, nyaris nggak ada yang baru. Semuanya cuma permak dan make up doang dari yang lama. Post Modernist yang mengakut...
Saya PSK Mas... Pekerja Seni Kreatif, he he he...
Mangga... Mangga...
Silahkan selama mencantumkan sumber aslinya...
kikiki... lah ini kan salah satu segmen yg dijadikan target marketing? kalo ga ada orang2 kaya kita ini (duuuuh, kita.... kamu kaliiiii) mana mungkin pendekatan pornograpi dipakai terus.... iya kan? kekeke.....
* ngeles cari menang sendiri :-))
Ok mas...pasti dicantumkan, buat koleksi artikel pribadi nih..
sekali lagi makasih ya...
ilmu baru buatku, suwun!
Ha ha ha, dasar!
Sama-sama...
Sama-sama juga...
di ANTV ya mas?
antv cuma media...
Saya cuma kuli Mas Muck...
untuk ku bukan kesempurnaan dari suatu hasil , tapi proses dalam pencapaian titik sempurna ....//
Setuju...
keren mas... tengkyu yah :)
Sama-sama Irpan...
so delightful
Sekarang di mana lo, Pan?
tfs bang... :)
Sama-sama...
HUaaa keren.. keren...
Nice info.. tengkyu Kang
Postingan setahun lalu lho Feb...
Postingan ini juga salah satu dari sekian karyaku yang dicuri dan diaku-aku sama orang lain kalo dia yang nulis. Makanya beberapa yang kiranya menarik minat orang akan plagiasi, aku bikin for contact aja...
Oh ya? diaku2 orang.. ckckckck .. kaga kreatip die...
hehehehe... aku lagi ngobrak ngabrik isi blogmu mas...
wakakaka
Tp yg menarik buatku ajah
*kalo dah masalah serius aku males... terlalu berat tuk otakku.
(intinya siy, belakangan dikau nulisnya serius banget siy... jd kaga nyampek deh gue :P
eh salah, gue yang bolot intinya.. halahhhhh
*maklum kaga demen politik en yg serius spt teoritis :P )
Berat apa berat?
mantaaaabbbbsss:)
akhi Luqman mmg kereeennnn ^__^
Wah Thanks resume sumber kreatifitas iklan2 tsb Mas Luq, kadang kagum aja sama iklan yg kreatif. ternyata jika tahu ilmu dan kemauan untuk mencoba jadi karya luar biasa !
Post a Comment