Wednesday, December 3, 2008

Di Udara [Lagu untuk Aktivis]


Rating:★★★★
Category:Music
Genre: Indie Music
Artist:Efek Rumah Kaca

Susahnya mencerna musik sekarang (musik Indonesia tentunya. Pasar menciptakan selera musik yang makin nggak jelas korelasi antara asal-muasal lirik, musikalisasi dan popularitas. Nggak usah ngomong intelektualitas bermusik, sulit ditemui di musik-musik sekarang. Masih mending denger lirik-lirik lagunya The Misfits yang isinya ngajak orang ngebunuh bayi atau merkosa ibunya temen ketimbang lagu cengeng dan mendayu-dayu. Toh The Misfits ini band idolanya Metallica. Paling nggak kita tau kalo yang nyanyi itu orang gila, ketimbang waras tapi nyanyiin lagu cengeng...

Beda dengan musik Indonesia yang ini, "Efek Rumah Kaca". Namanya saja aneh, musik yang idealis, musik yang dekonstruktif di tengah serbuan band-band yang dituntut mengikuti selera pasar. Mendengarnya saya malah kepikiran nyari chord gitarnya. Lagu untuk aktivis, sepintas seperti mengenang tokoh HAM, Alm. Munir, tapi sesungguhnya ini ode satir bagi para aktivis.

Sumber foto: Efek Rumah Kaca Flickr

Lagu lama tahun 2007, tapi tetep layak didengarkan. Tengok juga video klipnya yang satir namun tetap berkelas dan digarap dengan sangat artistik...


Di Udara
[Efek Rumah Kaca]


Am    F                       Am     F 
Aku sering diancam, juga teror mencekam,
Am       F                    
  Am        F
Kerap ku disingkirkan, sampai di mana kapan
 
Am                                          
  F                                      Am                           F
Ku bisa tenggelam di lautan, aku bisa diracun di udara, aku bisa terbunuh di trotoar jalan
 
 [chorus]
  F   C      G      Am          
     F    Em    Am
tapi aku tak pernah mati, tak akan berhenti
 
 [intro] Am F 2x
 
 Am      F                   
  Am     F

Aku sering diancam, juga teror mencekam
 Am                                     
F                                                Am                            F

Ku bisa dibuat menderita Aku bisa dibuat tak bernyawa, di kursi-listrikkan ataupun ditikam
 
 F      C     G      Am          
     F    Em    Am
Tapi aku tak pernah mati, tak akan berhenti
 F      C     G      Am           
     F    Em    Am

Tapi aku tak pernah mati, tak akan berhenti
 
 [intro] Am F 2x
 
Am                                      F                                                Am                            F

Aku bisa dibuat menderita Aku bisa dibuat tak bernyawa, di kursi-listrikkan ataupun ditikam

Am                                          
  F                                      Am                           F
Ku bisa tenggelam di lautan, aku bisa diracun di udara, aku bisa terbunuh di trotoar jalan

 [chorus]
 F      C     G      Am         
     F    Em    Am
Tapi aku tak pernah mati  tak akan berhenti








16 comments:

Marto Art said...

"Dan kita tahu penjagal HAM tetap saja meliar di mana-mana. Tulisan, nyanyian, kerja, pikiran, dan doa kita boleh jadi susah menembus benteng kebebalan mereka. Seperti sia-sia. Tapi tenang saja, usah putus asa, sebab yang namanya pesan tetaplah bernilai. Terkabarkan ataupun terkaburkan".

Itu kukutip dari postinganku yg bertepatan banget dengan postinganmu ini. Temanyapun mirip. Pasti nggak kebetulan karena memang ini menjelang Hari HAM kan? Anggap aja aku numpang untuk ilustrasi musiknya ya. Trims.

TFS juga Man. Selamat merayakan fitrah ketuhanan, Lima bintang untuk semua yang tak pernah lelah mengibarkan kemanusiaan!

Luqman Hakim said...

Yup... Seni itu universal dan menjangkau semua. Art is for heart...

Ade Puspitasari said...

*merhatiin baik2 kaos yg dipake 3 personil ERK*

I hope so...

Luqman Hakim said...

Perhatiin video klipnya!
Bukan kaosnya!
Puput ini gimana, atuh...

Ade Puspitasari said...

ndak bisa liat, mas...jadinya ku liat kaos ama tulisannya ama orgnya juga cakep ndak hihihihi ternyata cakep berkarakter *sok iye*

Agam Fatchurrochman said...

peluncuran album barunya 18 Desember datang kang?

Luqman Hakim said...

Yup... tau banget dan mengerti...

Agam Fatchurrochman said...

Perluncurannya bisa jadi peluncuran album indie paling diantisipasi tahun ini. Pasti rame. Saya ajak teman2 buat datang

Luqman Hakim said...

Saya sih nunggu aja deh Mas...

Luqman Hakim said...

He he he... Dasar wanita!

Ade Puspitasari said...

alhamdulillah..ternyata aku masih ada juga sisi wanitanya hihihi

Luqman Hakim said...

Ya... dan berkacalah segera bahwa memang cermin diciptakan untuk melihat itu...

Ade Puspitasari said...

cermin yang benar, tentunya

Luqman Hakim said...

Pintar...

Ade Puspitasari said...

cerdas, tentunya...^.^"

Agam Fatchurrochman said...

Pernah dengar kalau ERK suka memainkan nada minor. Ada teman ngasih tahu supaya kasih kres 7 tiap akord. Nggak tahu juga saya, sudah lama sekali tidak megang gitar