Monday, December 29, 2008

Advertising (Kelewat) Kreatif


Awal tahun 2008 lalu, Sonntags Zeitung, surat kabar ternama Switzerland mengeluarkan media campaign dengan tematik "The Insight Story". Menampilkan sisi visual print ad tanpa kata, menegaskan koran mereka adalah pengupas berita dari latar belakang terjadinya.

Ada 4 visual campaign-nya, Baby, Soldier, Vladimir Putin dan George Bush. Entah kenapa tampilannya seperti ini nggak perlu nanya, cerna aja, nggak suka tinggalin. Itu cara tergampang mencerna iklan...

Advertising Agency: Advico Young & Rubicam
Creative Directors: Philipp Skrabal, Christian Bobst
Copywriter: Martin Stulz
Art Director: Rob Hartmann
Photographer: Scheffold Vizner

9 comments:

lananganing jagad * said...

lucu2 pak......

Luqman Hakim said...

Lucu? Nggak juga...
Lebih ke (kelewat) kreatif, alias nyeleneh, alias banyak muatan. Perhatiin aja...
Tapi emang begitulah bahasa komunikasi visual, kudu lebay kalo mau diperhatiin orang...

hell rider said...

brilliant! wuih, ngga pernah kepikiran dapet ide gila kayak gini

Luqman Hakim said...

Di dunia kreatif advertising hal beginian malah sering diutak-atik, dirombak dan dinyelenehin...

Seto Wibowo said...

Mungkin memang bener begitu adanya. There's some one else deep inside.
Kalo memang bener begitu sih, kelewatan menelanjanginya, he..he..he...

Luqman Hakim said...

He he he... Di luar, batasan kreatif nggak 'dipasung' kayak di sini Mas.
Bukan cuma 'menelanjangi' Presiden, bahkan mempertanyakan Tuhan dalam konteks kebebasan berekspresi yang berkaitan dengan intelektualitas, dibolehkan. Acuannya cuma pada intelektualitas, kebebasan berpikir, meski kadang kita yang masih pake norma, kajian kayak begini justru ternafikkan, karena semua yang ada memang batasannya, semua ada relnya, semua ada batas toleransinya...

Seto Wibowo said...

Betull....
Saya setuju kalau semua memang harus ada batasnya.

Luqman Hakim said...

Iya lah Mas. Itu pasti...

briony tallis said...

so delightful