Saturday, November 27, 2010

Trigonometri dalam Menggambar


Ada yang masih inget rumus Sinus, Cosinus dan Tangen?

Kalo nggak inget masih bisa dimaklumi, bisa jadi di kehidupan sekarang ilmu ini nggak kepake sama temen-temen. Buat anak-anak SMA yang jelas belajar matematika, kalo sampe nggak inget ya kebangetan. Ini juga yang bikin gw ngelus dada ngeliat adek-adek kelas di SMA yang masih pada sekolah dan jaraknya jauh banget belasan tahun sama gw, tapi bisa-bisanya nggak inget sama pelajaran kelas 10 atau kelas 1 SMA.

Ini namanya parah!

Sabtu pagi (27/11/10) saat ngajar ekskul kartun dan karikatur di SMA 86, gw minta adek-adek kelas di SMA 86 yang ikut ekskul ini ngisi daftar tabel Sinus, Cosinus, dan Tangen dari sudut-sudut istimewa, nggak ada yang bisa jawab. Sampe akhirnya gw bikin sayembara, yang bisa ngisi tabel ini dengan lengkap, gw kasih duwit 100 ribu rupiah!

Syaratnya nggak boleh dalam hitungan desimal karena bisa aja dicari lewat kalkulator, tapi isiannya harus dalam angka matematis.


Langsung deh pada semangat, tapi sayang ngisinya nggak lengkap dan banyak yang bolong, bahkan ada yang nggak ngisi sama sekali. Alasannya sepele, lupa. Lah, ini dipelajari di kelas 10 kok ya bisa lupa. Bahkan ada anak kelas 10 yang baru kemaren belajar aja sampe nggak ngerti.

Duh...

Saat gw tulis di papan tulis, ini dia jawabannya...


Ada yang nanya, "Buat apa sih Kak, belajar ngartun aja kok pake harus tau trigonometri?"

Gw ketawa dan ngomong ke mereka saat pertemuan kemaren yang minta ngitung tinggi bangunan gedung sekolah pake batang korek api dan nggak ada yang bisa jawab. Bahkan parahnya dihitung mentah-mentah  pake ukuran batang korek api, lalu saat mulai beranjak ke tingkat bangunan, mereka nyerah karena nggak ada tangga yang setinggi bangunan sekolah buat mereka ukur sampe ke atas (cerita lengkapnya ada di sini: Cerita Tentang Belajar Mengajar).

"Siapa yang nanti lulus SMA mau kuliah di UI, ITB atau UGM?"

Semua tunjuk tangan, tapi gw bilang lagi kalo cara berpikirnya masih nyepelein ilmu, bisa aja kuliah di sana lewat jalur khusus yang bayarnya puluhan juta. Susah kalo ngarepin kuliah di sana lewat jalur tes normal. Dasar mentalnya aja yang ampun-ampunan dan harus digojlok lagi lebih keras, masih aja nyari alasan dan ngeluh, pake bilang kalo cara ngajar guru di sekolah nggak asik, jadinya males buat belajar serius.

Duh, kok jadi parah begini sih...

Gw bilang ke mereka bahwa belajar kartun dan karikatur itu hal teknis yang gampang dipelajari, semua orang kalo mau belajar juga bisa, masalahnya pola berpikir kreatif, inovatif dan solutif itu yang nggak gampang numbuhinnya. Kalo udah punya pola pikir begini, mau belajar apa aja gampang!

Ditanya lagi, gimana caranya?

Temuin keasikannya!

Itu jawaban gw, sembari ngejelasin ke mereka kenapa trigonometri itu asik kalo mau dipelajari, seasik belajar kartun dan karikatur. Cari tau dalam bentukan penasaran (curiosity), kenapa trigonometri sampe jadi ilmu tersendiri dalam aplikasi mengukur sudut dan bidang bentuk segitiga. Yang paling penting, cari tau buat apa kegunaannya ilmu ini. Percuma belajar sesuatu kalo nggak bisa digunain atau diaplikasiin.

Dan gw pun mendongengkan kisah, awal mulanya trigonometri itu ada...

* * * * *

Trigonometri, asal katanya dari bahasa Yunani, 'trigonon' (tiga sudut) dan 'metron' (mengukur). Sulit ditelusur siapa yang pertama kali mengklaim penemu ilmu ini, yang pasti ilmu ini sudah ada sejak jaman Mesir dan Babilonia 3000 tahun lampau.

Ilmuwan Yunani di masa Helenistik, Hipparchus (190 SM – 120 SM) diyakini adalah orang yang pertama kali menemukan teori tentang tigonometri dari keingintahuannya akan dunia. Adapun rumusan sinus, cosinus juga tangen diformulasikan oleh Surya Siddhanta, ilmuwan India yang dipercaya hidup sekitar abad 3 SM. Selebihnya teori tentang Trigonometri disempurnakan oleh ilmuwan-ilmuwan lain di jaman berikutnya.

Trigonometri dipakai untuk penghitungan astronomi dan navigasi, menghitung jarak planet dan bintang terdekat, menentukan sistem navigasi satelit, analisa pasar modal, bahkan seni rupa dan desain.

Ditanyain lagi atas dasar penasaran mereka, emang ada bentuk trigonometri di seni rupa juga desain?

Lagi-lagi gw ketawa. Gw jelasin bahwa pola pikir komputer menterjemahkan keinginan kita menggambar dengan cara 3 dimensi, di dalam jeroan komputer itu ada sistematika komputasi yang pake metode segala unsur matematika, nggak cuma trigonometri yang ngukur bentukan sudut-sudut bidang yang ada, bahkan yang paling umum sumbu axis XYZ yang dipelajari di pelajaran aljabar (algebra) ini yang paling umum.

Nggak percaya?

Gw kasih unjuk gambar 3 dimensi yang dibikin di software 3D, gambar yang masih draft dalam bentuk wireframe-nya juga gambar jadinya.

Aplikasi matematika ini dipake banget dalam seni rupa juga desain, terutama bagi para pembuat game, animator 3D, pun arsitek, mereka memang sangat dimudahkan dengan komputer saat proses pengerjaannya.

Seandainya komputer grafis berwujud manusia, pastinya sangat cerdas dan pinter banget, bisa menghitung rumus dalam waktu cepat, menerjemahkan apa-apa yang kita mau dalam proses penggambaran 3 dimensi model orang, karakter benda, bangunan, atau apa aja.

Lagi-lagi, belajar teknis itu sangat mudah, mempelajari konsepnya itu yang susah. Mengetahui bahwa ilmu diciptakan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan manusia, bukan mempersulit atau malah bikin bingung manusia lainnya.

Gw pun nambahin cerita tentang teori menggambar perspektif yang awal mulanya diajarin sama Leonardo Da Vinci, penggambarannya jelas nggak ngasal dan ada aturan bakunya.

Meski memang aturan dalam menggambar jelas membelenggu dan pastinya akan ditabrak-tabrak oleh beberapa seniman yang muak dengan aturan menggambar. Tapi tetep pengetahuan mengenai dasar-dasar teori begini baiknya diketahui juga.

Di akhir waktu, gw nulis satu quote di papan tulis buat dipikirin bareng-bareng...


"Setiap ilmu dimulai dengan filsafat dan diakhiri dengan seni"

Will Durant (1885 - 1981)

Penulis, sejarawan, dan filsuf asal Amerika Serikat



Kelengkapan data tulisan ini diambil dari berbagai sumber, kebanyakan dari historyofscience.com
Sumber gambar:
● Hipparchus → William Cunningham Cosmographicall glasse (1559)
● 3D Model from Aberiu
● Perspective drawing from drawmarvel.com
 
Jangan lupa klik gambar untuk memperbesar, bukan diemut



83 comments:

intan suri said...

sorry ga pake pertamax.... premium ajah :P

Luqman Hakim said...

Yang nyari pertamax di marih jelas bakalan keabisan

rengganiez sw said...

ya ampunnn semakin bukan bakatku untuk urusan gambar menggambar :-(

Eva Handoko said...

sprt buat gambar bayangan, tanpa dasar hitung2an, bisa aja itu bayangan jadinya ngasal dan ga masuk akal .. sprt juga utk pelukis dalam media besar, dia hrs mampu menuangkan satu gambar kecil ke dalam skala besar, ini ga main2an, krn kudu ada perhitungan matang ..
Hiks, syg nya, skrg aku jg dah lupa tuh ama tabel2 itu... hhhihi

siUTUH Banjar said...

Prof Lukman
Bisa jadi dosen dikampus ane ngak???

Winny widyawati said...

Jadi pengen SMA lagi kl gurunya kayak gini

febbie cyntia said...

Wah geblek bener dirimu mas
*siap2 jd murid

Marshall Bruce Mathers IV said...

awesome!!

Teguh Rasyid said...

gak jago trigonometri, juga gambar... jadi tahu tentang trigonometri dan pengaplikasiannya dalam gambar.. :)

Luqman Hakim said...

Nggak lah Niez, masalahnya bukan di bakat tapi curiosity, orang kalo penasaran, mempelajari apapun bakalan lebih semangat dengan dasar keingintahuan yang menggebu itu...

Luqman Hakim said...

Sejak ada komputer bisa dilakukan dengan main-main Mbak, tinggal dipindai, diperbaiki sedikit gambarnya biar nggak pecah, lantas di-print gede, jadi deh...

Luqman Hakim said...

Pletaxxxx...! Manggil gitu lagi, ribuan bakiak yang melayang.

Luqman Hakim said...

Pletaxxx...! Manggil begini lagi, ribuan bakiak yang melayang

Luqman Hakim said...

Ha ha ha, jangan! Moody-an abis! Kesian murid-muridnya.
Lah aku tiap dateng ngajar, cuma ngasih soal buat mereka pecahin lantas banyakan nongkrong di kantin. Kalo ada guru beneran kayak begini, parah banget, udah kena peringatan keras dari pihak sekolah karena dianggapnya nggak seriyus ngajar

Luqman Hakim said...

Duh, jadi malu nih...
Makin cinta dah sama Febbie, muaaaaaaahhhhh...

Luqman Hakim said...

Yes... yes... yes...

Luqman Hakim said...

Nggak usah kudu jago gambar buat belajar trigonometri, sebaliknya juga nggak usah kudu jago trigonometri buat belajar menggambar, yang penting curiosity itu yang kudu ditumbuhin.

Jangan lupa, curiosity bukan miliknya wartawan infotainmen doang lho

^Risti me said...

Ihh,,, makin 'gila' aja nih ML (Mas Luqman),,, pengalaman kerja di berbagai bidang iya, nguasain kayak ginian juga iyah, padahal kuliahnya ngitung duit,,,, beneran Goblog (baca : gila) ini Blog....

Luqman Hakim said...

Aku ngutip omongannya Khalil Gibran deh Yu, "sekat antara orang bijak dengan orang gila, lebih tipis dari benang sarang laba-laba"

Pun kalo Ayu orang Jawa, ada pepatah yang bagus banget, "yen waniyo ing gampang, wediyo ing ewuh, sabarang ora tumeko" (kalo beraninya cuma sama yang mudah dan takut sama yang sulit, apapun yang dicita-citain bakalan kandas).

rengganiez sw said...

gak kurang2 gw penasaran pingin bisa nggambar.....sudah dalam tahap pasrah :-)

Luqman Hakim said...

Mari Niez, belajar trigonometri sama algebra dulu, baru belajar menggambar
Tenang aja, matematikanya itu bakalan kepake pas gambarnya lewat software 3D macam 3DS Max, Maya, pun Cinema 4D

Jadi, siap buat belajar matematika?

Tapi nggak kok, nggak usah kudu jago gambar buat belajar trigonometri, sebaliknya juga nggak usah kudu jago trigonometri buat belajar menggambar, yang penting malah curiosity-nya itu lho, yang utama...

rengganiez sw said...

*mundur teraturrrr* :-))

Luqman Hakim said...

Curiosity Niez, itu dowang kok pangkalnya...

rengganiez sw said...

siyapp pak guru...

Luqman Hakim said...

Duh, kok jadi Pak Guru

rengganiez sw said...

siyappp kak guru...

Luqman Hakim said...

Aniiiiiiiiiiieeeeeeeeezzzzzzzz....!

rengganiez sw said...

Ampunnnnn...demi penguasa alam ini, salut untuk orang2 kreatif...

Luqman Hakim said...

Manaaaaaaaa.......

Heri Hito said...

ra nyucuk aku matematika heee...
...ada dimana porsi ide dan teknis saling berebut Nilai, ada karya yg basicnya dipikir linear, ada yg gak linear (minim teknis) tapi malah banyak orang apreciate...

Iwan fals awalnya adalah orang gagal mempelajari chord2 (teknis) lagu Rolling Stone, lalu dia lampiaskan dg bikin lagu sendiri...
pernah pas latian mau manggung sama personil barunya, ditanya "gimana nih aransemenya..." terserah lu dah, gw ga tau gitu-gituan heheee...

Luqman Hakim said...

Ini masalahnya masih pada muda Her, apa aja masih bisa dipelajari, kesempatan masih terbuka luas, nggak kayak kita yang ujung-ujungnya dibatasi sama keterbatasan dan keharusan nyari duwit buat keluarga, sampe-sampe kondisi teknis buat bentukan basic keilmuan juga dinafikkan dululah barang sementara.

Seperti yang gw bilang, nggak perlu belajar matematika buat bisa ngegambar kartun dan nggak perlu belajar kartun buat bisa ngerti matematika. Contoh Iwan Fals dari elo itu mengena banget. Gw cuma ngingetin ke adek-adek kelas gw di SMA itu bahwa mumpung masih muda, pelajari semua ilmu jangan keburu apatis dulu sebelom tau...

Wikan Danar Sunindyo said...

generasi sekarang kebanyakan berpikir instan sih, tahu beres.

siUTUH Banjar said...

Maaf bang
Tobat ane bang!!!

Aulia Zahro said...

Ngluyur pergi lagi, teteup gx mudeng :D

Sheila Rooswitha said...

Hahaha bused trigonometri aku pas SMU merah meluluk. Kl trnyata trigonometri berguna utk diterapkan dlm mengurus rmh tangga (masak jd lbh gampang, cuci piring lbh cepat, anak susah makan gampang dibujuknya, dll) aku rela belajar lg hahahah:p

Larassati ! said...

wah mantab kalau pengajarnya kek om Lukman......diawali dengan filsafat dan diakhiri dengan seni. Luar biasa........

dedy bagus said...

Wuih...om Luqman hebat. Salut deh.. Saya dah tahu banyak tentang analis di sektor keuangan yg lulusan ITB (normalnya kan harusnya lulusan SE). Tp baru kali ini saya melihat seniman lulusan SE (Sarjana Eudan) hehe...

anotherorion priyo harjiyono said...

biar gambarnya tetep proporsional ya mas? menarik ki mas postingane

Suga Adiswara said...

kalau saya masih inget, mas...rumus2 itu. soalnya dlm sistem perpipaan dan rancang bangun kapal selalu dipakai. :)

tintin syamsuddin said...

huuuah makasih pakguru.. jadi nambah ilmu juga nih..

*lain kali kalu mo gambar inget2 trigonometri..

Yusnita Febri said...

kenapaa yaa anak2 itu gak nyari di Inet saat di suruh ngisi???
Mereka kan pada bawa HP.. pasti ada deeh yg udah pake BB n kesambung Inet pulak
kenapa gak buruan nyari tabelnya siih..

*duuh klo aja bisa kubisikin tuh anak2 dg kecanggihan teknologi hehe

intan suri said...

makanya sampai kerja... tetep pake kalkulator scincetific.. eh bener ga ya nulisnya?

dan saat ini lagi refresh lagi salah satunya ilmu2 itu.... karena bikin PRIMA MAMA di rumah..ketimbang anak2 dimasukin PRIMAGAMA :D

Wayan Lessy said...

Walaupun aku agak idiot soal matematika tapi aku tetap berusaha menyimak postingan ini dengan sebaik-baiknya.....pengen bisa nggambar soalnya...
Kelasnya tiap hari sabtu apa ya, mas? Alumni SMA lain boleh menyusup nggak ? ;D

Luqman Hakim said...

Dari dulu sih Mas Wikan...
Saya juga termasuk produk instan, ngertinya nggak instan malah telat, udah tua begini...

Luqman Hakim said...

Tobat enak kok...
Soto babat

Luqman Hakim said...

Tobat enak kok.... Soto Babat

Luqman Hakim said...

Jiaaaaaahhhh... Liya kok begitu

Luqman Hakim said...

Ha ha ha... pan udeh dibilang La, ini nggak berlaku buat kita sekarang, berlakunya cuma buat anak-anak SMA yang masih belajar dan ini jelas diperluin buat mereka, minimal buat ujian SPMB. Katanya kalo lulus pengennya kuliah di UI, ITB atau UGM, makanya aku tantang dengan pelajaran sekolah mereka. Kalo buat kita gunanya juga apa, jelas-jelas banyak nggak kepake di kehidupan kok.

Aku ngajarin trigonometri yang dikait-kaitin sama menggambar begini nggak lain dan nggak bukan bikin mereka mikir, pun bukan belajar kartun yang utamanya, tapi belajar kreatif. Kartun cuma sarana silaturrahmi. Kalo mau belajar teknis ngartun, di internet banyak, bukunya juga banyak. Pola pikir kreatifnya itu sih yang pengen aku tanemin mumpung masih muda.

Lagian, berani disurvey deh, dari temen-temen kartunis sama komikus, yang ngerti trigonometri juga pasti jarang banget kalo nggak profesinya guru...

Kalo aku sih guru jejadian ajalah!

Luqman Hakim said...

Catat, omongannya Will Durant, tuh...

Luqman Hakim said...

Ini dia carut-marutnya pendidikan di Indonesia...

Masih inget jaman Mendiknasnya Wardiman? Dia pernah mencanangkan teori "Link n' Match", awalnya dari keprihatinan dia ngeliat banyak banget lulusan perguruan tinggi bekerja bukan pada sektor yang sesuai sama latar belakang pendidikannya.

Saat itu aku masih di media dan aku pernah nulis teorinya Wardiman ini teori petting dan bukan teori penetrasi seksual. Ngomongin kecocokan yang susah didapat selama bentuk pengajarannya nggak ngarahin ke bentuk mind mapping dan mentalitas berpikir dulu sebelum masuk ke pengajaran.

Sayang, tulisan itu ditolak sama redaktur karena lumayan porno analoginya

Luqman Hakim said...

Sebenernya nggak juga Yo, bukan buat proporsional tapi buat ngarahin menyukai semua ilmu mumpung masih muda, segala ilmu ya kudu dipelajari. Kalo ini diterapin ke kita, jelas muntah-muntah karena nggak cocok banget caranya...

Luqman Hakim said...

Yup... Di beberapa pekerjaan teknik memang masih dipakai Mas Suga. Saya masih inget karena sepupu yang kuliah di Teknik Sipil dan sama-sama kuliah di Jokja, pelajarannya banyak tentang materi trigonometri begini...

Luqman Hakim said...

Ha ha ha, nggak perlu Mbak Tintin, ini cuma buat anak SMA aja kok...

Luqman Hakim said...

Makanya, anak-anak itu pengennya bisa berpikir kayak Nita, ketimbang susah-susah mikir mending nyari di HP yang sekarang udah canggih-canggih. Sayangnya masih belom pada ngarah ke sana berpikirnya. Mind mapping yang perlu digenjot lagi lebih keras...

Luqman Hakim said...

Ha ha ha, bener Mbak Intan, ketimbang Primagama emang bagusan Primamama. Analoginya keren euy...

Luqman Hakim said...

Ha ha ha, bener Mbak Intan, ketimbang Primagama emang bagusan Primamama. Analoginya keren euy...

Luqman Hakim said...

Sabtu minggu ke-2 sama ke-4 tiap bulannya Mbak Lessy...

Tapi lagi-lagi aku bilang teori gemblung ini nggak berlaku buat kita lho, nggak perlu ngerti trigonometri biar bisa belajar ngartun, pun nggak perlu ngerti kartun buat bisa belajar trigonometri. Ini cuma berlaku sama anak-anak SMA buat mind mapping mereka aja

Wayan Lessy said...

wah..berarti 11 Desember ngajar lagi ya mas Luqman? kalo dikasih ijin dan memungkinkan pengen juga ikut nguping pelajarannya KALEM.

Luqman Hakim said...

Duh jadi malu...

Aku bukan guru lho Mbak. Saat balik lagi ke sekolah, aku juga bilang bahwa aku dateng sebagai kakak kelas dan bukan sebagai guru kelas. Jadi cara ngajar atau mentoringnya juga nggak sama dengan guru-guru kebanyakan. Pun waktu mulai kegiatan ini sama pihak sekolah aku udah minta garansi atas mengajar dengan caraku sendiri dan dibolehin. Ada tuh di postingan sebelumnya, pan juga udah aku link di atas.

Aku itu paling seneng ngerjain orang, tapi ngerjain yang bikin mikir, kalo bahasa guru sih mendidik, bahasaku ngebuka cakrawala berpikir, macam ngukur tinggi gedung juga pake batang korek api, pun aku suruh ngediriin telor tanpa alat bantu dan mereka nyerah semua, pas aku bisa diriin mereka bilang, waaahhh... kalo begini sih juga bisa. Langsung deh aku mendongeng lagi model Christopher Columbus jaman jadul yang juga digituin sama temen-temennya. Ada kok di postingan jadulku, Meniru, Semua Orang Bisa!"

Wayan Lessy said...

:) tadi saya sudah cari alamat SMA 86,(hehe satu satunya ekskul yg dijabarkan di wikipedia SMA 86 itu ya KALEM, ya?), in case kalau dikasih ijin o njenengan untuk turut menikmati pelajarannya sang kakak kelas dan pengen memperkaya pengetahuan dengan memperluas cakrawala berpikirku..apalagi sejak baca yg mengukur tinggi gedung dgn batang korek api. Dulu waktu masih Pramuka, kebetulan spesialisasi saya kl lomba yaitu menaksir tinggi gedung dgn cara yg sama dgn korek api sebagai perbandingan.
Namun kl tertutup buat murid 86 ya sdh. Mau jd penyusup kok ya tampangku udah ketuaan. ;)))

Langsung meluncur ke linknya.

Luqman Hakim said...

Ha ha ha, nggak kok Mbak, coba Mbak Lessy pake baju SMA dengan rok panjang dan dengan jilbabnya juga, dijamin masih sama kayak adek-adek kelasku di SMA itu.

Muda atau tua itukan cuma kita yang ngerasa Mbak. Umur sih boleh tua, tapi semangat yang penting harus muda, cieeeee...

Nggak tau deh, klise apa nggak klise pernyataan ini, aku nggak ngerti. Tapi emang sih, ekskul KALEM, organisasi kartunis tingkat SMA yang ada di SMA cuma satu-satunya di SMA 86 ini se-Indonesia. Ini aku tau pas barengan kartunis senior ngedeklarasiin PAKARTI (Persatuan Kartunis Indonesia) 13 Desember 1989 dulu.

Kalo pun ada organisasi kartun yang isinya anak-anak SMA, itu pun umum, ada di Semarang tepatnya di Kaliwungu sana, namanya KOKKANG (Kelompok Kartunis Kaliwungu Semarang), organisasi kartun yang ada di desa tapi isi warganya kebanyakan kartunis. Sempet diliput sama tv-tv Indonesia bahkan NHK Jepang aja pernah bikin liputan khusus tentang kampung kartunis yang ada di Semarang ini...

damuh bening said...

waktuSMA matematikaku selalu dibawah angka 5, bahkan menggambar prisma saja aku gak bisa, padahal aku kelas fisika...sudah gak waras kayaknya

Lulus sma aku malah bisa masuk jurusan arsitektur...makin gila aja dunia

Aku tidak pernah menggunakan rumus itu untuk menggambar, hanya menggunakan logika skala sederhana, menggunakan perbandingan korek api, jari, dll, untuk memindainya ke media gambar.

Dan parahnya, dosen-dosenku gak pernah ngajarin semua rumus ini ketika menggambar :(

Ilmu yang asyik kayaknya, namun tidak mampu lagi kupelajari saat ini, nyerah...biarlah menjadi tukang gambar seadanya saja :)

Luqman Hakim said...

He he he, Bli Damuh... Bli Damuh...

Aku pun kuliah di Akuntansi, pengen masuk arsitek tapi apa daya SMA cuma IPS, ya udah ngalah, nggak bakalan bisa masuk arsitek, masuknya akuntansi aja. Apa mau dikata, ilmu akuntansiku nggak kepake kecuali buat ngatur dan ngurus ekonomi rumah tangga sendiri aja, gimana dengan penghasilan morat-marit sebagai orang bebas, aku bisa survive dan hidup.

Lepas dari apapun, curiosity sih jawabannya, penasaran pengen mengetahui sesuatu itu yang utama. Sayangnya kenapa ilmu curiosity ini cuma dimiliki sama wartawan infotainmen aja ya buat ngorek-ngorek berita artis?

Binun euy...

damuh bening said...

hhihihihihi....
dunia keblak kebalik, terapan ilmu beragam caranya, tujuannya hanya satu: mencapai keinginan

febbie cyntia said...

jd pengen ikutan share, lah aku dulu dibilang dan dicela melulu ama temen2 kl gambarku jelex, skrg?
aku gambar melulu :D

Luqman Hakim said...

Bener banget niy...

Luqman Hakim said...

Itu dia Feb, practise make us perfect

febbie cyntia said...

amin...
en never stop to learn :)

febbie cyntia said...

amin...
en never stop to learn :)

Luqman Hakim said...

nggak pake rais

Luqman Hakim said...

Eh, aku cabs dulu ya...
Ntar becandaannya diterusin setelah kelar kerjaan-kerjaanku di luar.

Wuokeh?

angky soemali said...

seneng ya kalo gurunya kaya Mas Luqman, bikin melek pikiran..
apa guru2 jaman sekarang ndak ada yang seperti ini metode mengajarnya?

Luqman Hakim said...

Ada banyak Mbak Angky, cuma memang dipepet sama kurikulum yang banyak dan semuanya itu harus masuk ke pikiran murid-murid. Ini yang sering jadi kendala pengajaran dengan bentuk kreatif.

Kalo aku pan nggak pake kurikulum, he he he...

angky soemali said...

emang begini ya pengajaran jaman sekarang. dijejali segala macem hanya untuk nututi kurikulum. perkara anak itu ngerti ato enggak sepertinya terabaikan.
sebenerya metode belajar anak2 Indonesia itu kaya apa to? kok kesannya kita ini pengen banget ngasih ilmu sebanyak2nya tapi jadi susah pengaplikasiannya

siUTUH Banjar said...

itu nama buah sayur kan bank????

dedy bagus said...

Haha...tulis di MP dong tulisan yg ditolak itu.

Pan spesialisasi di Indonesia baru diarahkan pas SMU.itu pun kurang lama.

Marto Art said...

Selalu senang baca trivia yang dilansir Luqman. Ada nilai tersendiri. Kali ini aku jadi ingat masa lalu yg mengidap fobia matematika, sekarang bisa dengan senang menertawainya.

Sumpah, ternyata bagiku matematika itu gak perlu sama sekali.

Heri Hito said...

hahaaa... aku ya ngerasa gitu mbah, memang awalnya siswa harus tau (siapa tau nanti ilmu itu kepake pas jadi insinyur atau apa?)
Tapi zaman udah berubah, alat hitung bukan lagi simpoa... Cara di era zaman agraris udah beda dengan Cara di conceptual-age ini, semua harus cepat, udah ada kalkulator di HP/digenggaman.

Orang lebih pragmatis, fokus ke "ide", Teknis udah dipecahkan oleh mesin...
nampak instan sih, tapi itulah kenyataanya... orang2 mencari lompatan cara... zaman kian menuntut taktis :)

damuh bening said...

dan juga yang dikatakan Cak Marto

Sumpah, ternyata bagiku matematika itu gak perlu sama sekali.

bisa bermakna:

Kalau bisa menciptakan dan menerapkan cara-cara yang lebih praktis, kenapa harus njelimet? (mohon pencerahan)

Heri Hito said...

kata lainya banyak Bli...

Penulis sudah diganti menjadi "Pengetik"... (kelamaan manual, ga bisa di filing lagi)
Perpustakaan udah diganti sama Google... (kelamaan pergi ke perpus, kalau nemu yg dicari?)
Database personaliti, berita, kasus, literatur, kamus, buku pintar udah ada di genggaman (HP) :)

damuh bening said...

oh, hehe...paham sekarang, makasi mas...
penyesuaian dengan kebutuhan dan ketepatan guna, kali lebih jelasnya ya.

Evrin 'tjappLien' said...

Trigonometri ??? apa itu.. lupaaaaaaa..

pamela al-huriyah said...

weleh anak sekarang sm anak angkatan aku jg sama ajah tuh, gak ngerti trigonometri rata2. jd inget dolo aku bener2 gak ngerti trigonometri trs nanyak sm papa di rumah. papa jg blg gak ngerti, katanya jaman dolooo gak ada pelajaran begituan. hooo benarkaaahh??