Wednesday, July 11, 2007

Pantun Orang 'Resign'

Buka-buka file lama, nemu tulisan ini. Jadi inget kegoblokan saya saat keluar dari kantor lama dulu. Setiap keluar dari kantor lama, selalu saja meninggalkan kegoblokan-kegoblokan yang selalu diingat dan dikenang temen-temen kantor lama sebagai kegilaan mengakut saya yang tak kunjung sembuh...

Mau percaya mau nggak, saat keluar dari Indovision 31 Mei 2005, saya bikin resignation letter dalam bentuk pantun. Mantan atasan dan HRD di kantor lama cuma geleng-geleng kepala ngeliatnya.

Terserah juga gimana nyikapinnya...

Setidaknya, setiap saya keluar dari kantor lama, saya selalu nyertain 3 laporan:
  • Report of Job Progress Laporan pertanggungjawaban pekerjaan selama kerja di tempat tersebut. Progress apa aja yang sudah saya buat, kendala-kendala yang saya alami dalam bekerja, serta hal-hal yang belum sempat dilaksanakan. Semuanya memudahkan orang yang menggantikan saya nanti dalam mengikuti sistem dalam bekerja di tempat tersebut.
  • Report of Job Replacement Laporan mengenai data-data yang pernah saya buat dan saya tinggalkan untuk nantinya diteruskan orang yang menggantikan saya. Tidak ada yang saya delete atau sabotase.
  • Report of Using Device Laporan pemakaian alat saat saya bekerja di tempat tersebut. Di mana ketika ada kerusakan, atau apa, saya tidak jadi tertuduh, karena ketika saya tinggalkan, semua ada laporannya dan ditandangani. Seringkali mantan karyawan jadi tertuduh untuk hal yang tidak dilakukannya dan pembelaan apapun menjadi lemah karena nggak ada bukti-bukti yang kuat. Di lain pihak, teramat sering juga dari kita ketika keluar dari kantor lama cuma ninggalin gitu aja, nggak ada yang ditinggalkan meski cuma kebaikan dan nama baik kita di kantor lama. Ketika ada kejadian-kejadian seperti ini, yang ada sudah saya sangat saya antisipasi dan sangat hindari dari awal-awal.
Semuanya itu saya sertakan sebenar-benarnya dan sedetail mungkin, ditandatangani oleh mantan atasan dan HRD sebagai saksi. Saya cuma berusaha untuk menerapkan sisi profesionalisme, meski saya sangat sadar saya sangat jauuuuhhh.. dari kata profesional itu sendiri... Selebihnya itu masih "lurus-lurus" saja, yang nggak "lurus" cuma resignation letter-nya. Selalu aja nggak pernah beres dalam penulisannya...

Ehmmm... Perlu saya tekankan, saya ini masih sangat-sangat waras lho, setidaknya di dunia saya sendiri, mungkin bukan di dunia kalian, ha ha ha...


Pantun Orang 'Resign'
Oleh: Luqman Hakim


Maen catur di rumeh Haji Husin, ilang banyak guwe punya pion
Dua tahun udeh guwe lakonin, banyak kenangan di Indovision

Emang kecil tuh ayam kate, jadi sakit bulunye dicabut
Guwe pengen ungkapin kate, ngomongin ini sebelom cabut

Ade mobil ditimpuk batu, batunye ngenain kaca spion
Ape gunenye menggerutu, selame masih di Indovision

Hidup rasenye suseh bener, kalo nyang ade ngeluh melulu
Udeh kerja aje nyang bener, bukannye emang kudu begitu

Tuhan emang nyiptain kite, pasti ade alesannye
Cakep ape jelek adenye, bukan itu nyang utame

Tetep bekerje juge berusahe, emang entu modal utame kite
Tetep dijage kompaknye kite, jangan tumbuhin saling nggak percaye

Kadang hidup nggak selamenye lurus, kudu dilewatin cobaannye
Kalo kite ngerase kagak diurus, jangan negatif pikiran kite

Buang aje semue akal bulus, jangan ade beling di hati
Inget aje Tuhan Maha Mengurus, seluruhnye masalah ini

Dari pesuruh sampe direktur, udeh pasti kite orang juge
Semue udeh ade nyang ngatur, tinggal ngikutin sistemnye aje

Perbedaan kenape dibuat, dibuat bukan ngelawan kodrat
Tuhan maunye kite ngeliat, segalanye udeh tersirat

Jadi orang nggak pernah puas, ade aje nyang diingini
Kalo masih aje nggak puas, nyok kite bace sajak ini:

Jika kau tak mampu menjadi pohon meranti di puncak bukit,
jadilah semak belukar di lembah,
jadilah semak belukar yang teranggun di sisi bukit

Kalau bukan rumput, semak belukar pun jadilah

Jika kau tak boleh menjadi rimbun,
jadilah rumput
dan hiasi jalan di mana-mana

Jika kau tak dapat menjadi ikan mas,
jadilah ikan sepat,
tapi jadilah ikan sepat terlincah di dalam paya

Tidak semua orang dapat menjadi nakhoda,
lainnya harus menjadi awak kapal dan penumpang
pasti ada sesuatu untuk semua
karena ada tugas berat dan tugas ringan,
di antaranya dibuat yang lebih berdekatan

Jika kau tak dapat menjadi bulan,
jadilah bintang

Jika kau tak dapat menjadi jagung,
Jadilah kedelai

Bukan dinilai kau kalah atau menang,
tapi jadilah dirimu sendiri yang terbaik
Douglas Mallock


Jalan-jalan di kebonnye Dille, liat kepompong di daun singkong
Kalo kite dikasih kuase, jangan belagu dan jangan sombong

Makhluk halus emang kagak berupe, apapun die namenye
Kagak selamenye orang kuase, ntar juge ade akhirnye

Emas nih tinggi nilainye, uang belinye kagak sedikit
Loyang nih murah hargenye, tetep bernilai biar sedikit
Kaleng nggak ade hargenye, malahan jadiin sumber penyakit
Plih aje jadi ape, cerminan nyang sehat atau nyang sakit

Jadi emas seharusnye kite, tetep berharge apapun bentuknye
Jadi loyang setidaknye kite, sedikit hargenye tapi nggak ape
Jadi kaleng jangan sampe kite, udeh berkarat nggak ade nilainye
Jadi kaleng ibaratnye kite, bikin masalah sekitarnye aje

Sembilan bulan nungguin lahiran, nungguin bayi pujaan hati
Analogi ini perumpamaan, ungkapan hati cerminan diri

Sakit jiwa guwe bertambah parah, nginget kelakuan kayak begini
Kalo pantun ini bikin lo marah, maafin deh omongan guwe ini

Pantun ini pantun suke-suke, langsung tercetus begitu aje
Kagak ade maksud ape-ape, cuma omongan ape adenye

Pantun ini pantun ceria, penghibur hati gundah-gulana
Guwe pamit buat semua, janganlah tersinggung serta-merta

Luqman Hakim
(Mantan) Creative/Graphic Designer
PT Matahari Lintas Cakrawala (INDOVISION)
Penulis tengah menjalani terapi medis penyembuhan sakit jiwa


24 comments:

Robert AA said...

Semoga Lekas Sembuh... dan jangan balik lagi ke dunia fana ini..

J O W V Y Kumala said...

hua haahhaaahaaa...hoohooho hi hehaaaahahaha!
dasaaaar dasaaar...jangan sembuh deh om Luq... demen gue!

Elvi 0501 said...

haihaiaiaiiaa.. buluk talallllllllllllllllllll.. penyakit lu dah kronis banget dehhhh. kudu opname di sumber waras ajah gihhh. buruannn

Mohammad Ali Parawansa said...

mohon doa restu...

d . said...

huuehuehuehe, kak lukluk aku suka padamuuuuu

Luqman Hakim said...

Yahhh...
Dijawab renteng ya, gw ini pengen sembuh...
Kok ya pada nggak bolehin gw sembuh...
Dasar kaliannn...!!!

blanthik_ ayu said...

huahahahahahaha keren abies luk..sumpe...ntar kalo gw resign..boleh ya gw kopipes :D lukluk emang TOB BGT dah....

Luqman Hakim said...

Terimakasih atas doanya...
*Dezik...!!! meninju Obet keras-keras....*

Luqman Hakim said...

Jowvy Kumala..!!!
Hanya satu orang yang tak mendoakanku sembuh! Yakni dirimu saja!

Luqman Hakim said...

Tolong daftarkan ya Vi...!!! *(Sambil menjewer telinga Elvi)*

Luqman Hakim said...

Baiklah Kak Ali...
Jadi, kapan mau disunatnya? Ha ha ha...

Luqman Hakim said...

Ah Dini... Aku kan jadi maluuuu...
Wakakakakkkkk...

Luqman Hakim said...

He he he, jadi berminat mendaftar di LFC (Luqman Fans Club)?
Syaratnya, tanggalkan kewarasanmu di luar pintu masuk...
Wakakakakkkkk...

shasa shasa said...

cepet sembuh ya lukluk .. hihihi

intan darmawan said...

kirain pas SMA doang gilanya........ taunya ampe tua blom sembuh2 juga???
ya ampyun buluuuQQQ *geleng2 kepala*

Luqman Hakim said...

Makasih doa dan harapannya ya...
Hihihi...

Luqman Hakim said...

Makanya Ntan, kalo dimintain tolong cariin dokter jiwa yang bener lo jangan bawain gw dukun beranak! Emang sapeh nyang mau beranak! elo juga sihhhh!!!

Emma Alaydrus said...

keren bgt surat resign nya... salam om luqman....

Luqman Hakim said...

Makacih Emmaa....

muhammad rajabhulu said...

nyonteX ya..
Thk U..Om

Luqman Hakim said...

Silahkan Mas Muhammad...
GPL (General Public Licence) kok...
Bebas dimanfaatkan!

Padlian Nur SHI Padlian said...

wah gua kebetulan mau resign dari perusahaan gua neh... mantep banget,, copy dlu bang yah...

Padlian Nur SHI Padlian said...

gua suka banget gaya loe...

anaz kia said...

Masya Allah... hahahaha.. iki wong bener apa rak bener...?? hahahaha... sakit perut aku, mas wakakakaka.. *astagfirullah...*