Friday, July 25, 2008

Kotak Pandora. Awal Mula Keburukan dan Kejahatan

Suatu waktu Zeus ingin menguji manusia. Ia mengirimkan ke bumi seorang gadis teramat cantik, memiliki semangat dan rasa ingin tahu nan membara seperti api. Gadis itu juga diberkati oleh seluruh dewi-dewi dengan berbagai macam anugrah. Kecantikan, kelembutan serta kekayaan dan pancaran gemerlap yang semua ditujukan untuk dirinya. Gadis itu bernama Pandora, yang artinya 'seluruh anugrah'.

Sebelum turun ke bumi, Zeus memberinya sebuah kotak yang tertutup rapat. Dewa dari para dewa itu juga berpesan pada Pandora untuk tidak membuka kotak itu atas dasar alasan apapun. Pandora menyanggupi.

Di Bumi Pandora bertemu dengan Epimetheus, anak Iapetus cucu dari Zeus. Ia terpesona melihat gadis sedemikian cantik, molek dan rupawan seperti Pandora. Tumbuhlah perasaan cinta di hati Epimetheus dan kemudian ia meminang Pandora.

Lewat beberapa waktu pernikahan Epimetheus dan Pandora, cucu Zeus ini melihat sebuah kotak yang tertutup rapat yang disembunyikan Pandora di salah satu sudut rumah. Epimetheus bertanya pada istrinya apa isi kotak itu. Istrinya menjawab tidak tahu karena memang perintah Zeus untuk tidak membuka kotak itu atas dasar alasan apapun. Mendengar itu suaminya juga ikut menganjurkan Pandora untuk tidak membukanya.

Dasar Pandora, rasa ingin tahu yang besar telah membakar jiwanya. Berulang kali ia membujuk suaminya untuk membuka kotak hadiah dari Zeus, namun Epimetheus tetap melarang membukanya. "Perintah dewa tetap harus dipatuhi", begitu ujarnya.

Pandora menggerutu. Namun pada suatu hari saat suaminya tak ada di rumah, ia tak dapat membendung rasa ingin tahunya yang begitu bergejolak. Istri Epimetheus ini kemudian membuka kotak itu, dan...

Dari dalam kotak keluar bunyi gemuruh dan asap tebal berwarna hitam yang memenuhi ruangan, keluar dan berpusar memenuhi bumi, memasuki seluruh rumah di bumi dan kemudian naik ke langit. Kotak itu tak memiliki dasar, asap dan suara gemuruh tidak berkurang justru makin bertambah-tambah banyak. Pandora pun ketakutan...

Di puncak ketakutannya Pandora berusaha menutup kembali kotak itu, bersamaan dengan berkurangnya asap dan suara gemuruh, istri Epimetheus mendengar suara-suara ratap tangis, rintihan, sedu-sedan, dan suara bisik-bisik yang aneh.

Di dalam kotak itu ternyata Zeus telah mengumpulkan segala macam kesakitan, kebencian, pengkhianatan, kelemahan, segala penyakit dan segala macam hal yang buruk dan yang jahat yang belum pernah diketahui manusia di bumi. Kini karena kelemahan Pandora yang memiliki rasa ingin tahu yang membara seperti api, segala macam keburukan dan kejahatan telah hadir di bumi.

Kendati demikian Zeus hanya ingin menguji manusia. Di tengah segala hal yang mengerikan itu dewa para dewa ini juga memasukkan sesuatu yang dapat melawan segala keburukan dan kejahatan. Sesuatu yang dapat memberi manusia kekuatan untuk menjalani hidup, yakni: HARAPAN.

Ilustrasi: Walter Crane, "The Greek Mythological Legend", 1910

22 comments:

nabil habsyie said...

nice one!!! asli gue baru tau cerita kotak pandora itu

Luqman Hakim said...

Secara situ turunan Minotaur gitu kok ya lupa?
Ha ha ha...

Reddy Septiady said...

klo aku ngertinya cuma hercules mas

Luqman Hakim said...

Hercules cuma bagian kecil Mas. Masih banyak cerita lainnya seperti Centurion, Minotaur, Unicorn, dlsbg. Gitu lho...

Noni Gustami said...

posting dongeng centurion & unicorn dong..., kayaknya menarik deh...

Luqman Hakim said...

Ntar gw nulis dulu ya Non...
Ini juga stok tulisan lama semua...
Daripada dibuang sayang

Noni Gustami said...

ok, thx ya... ditunggu dengan suabbbarrrr... :)
mmm, punya dongeng mitologi skandinavia jg gak?

Luqman Hakim said...

Pernah baca tapi belom pernah nulis tentang Mitologi Skandinavia. Bukan cuma baca, gw juga suka maen Game "Age of Mythology" Di mana di situ memang ada karakter negara Viking sebagai nenek moyangnya Denmark dan Swedia.

Dari Mitologi ini, yang paling dikenal itu Thor, padahal yang tertingginya Odin, bapak dari semua Dewa seperti Zeus di Mitologi Yunani.

Nanti-nanti boleh juga satu waktu gw tulis. Tungguin aja...

Marto Art said...

Posting yang asyik, jadi ingat perpustakaan di SD dulu. Tapi aku tadi mengharapkan ending yng penuh konflik psikologis ketika Pandora tidak mau membuka sisa "mahluk" dlm peti. Dan Epimethius menyarankan agar kuras aja sekalian. Dan betul, sisa dari penderitaan itu adalah Harapan.

Mitologi ini turut mempengaruhi kisah buah kuldi. Awal mula terbukanya segala rahasia, rasa sakit, menjadi tua, penderitaan, dan sebagainya. Kalau dalam mitologi Jawa, yang penasaran adalah si Jaka Tarub, ketika Dewi Nawangwulan melarangnya membuka nasi yang sedang dimasak.

triana saptomo said...

Wah asik dibaca, baru tahu siy cerita mengenai kotak pandora.....

Luqman Hakim said...

Kikikikikikikkkkk....
Kalo endingnya kita rubah, berarti kita harus balik ke jaman Yunani kuno dulu, trus bikin posisi tawar-menawar sama para pembuat mitologi yang kebanyakan itu 'namanya' Anonymous, he he he...

Luqman Hakim said...

Iya Mbak Tiana...
Mitologi lain juga banyak dan unik-unik, sering dijadiin simbol-simbol di jaman sekarang.

Marto Art said...

kisah membuka kotak pandora, membuka rahasia, menyingkap misteri, pokoknya yg berhubungan dengan buka-bukaan... selalu asik..


sambil menunggu ada yg ngundang acara buka bersama...

Luqman Hakim said...

Ha ha ha... Sama dongggg!

iNdRiA TAHIR said...

ijin share sy cantumkan linkx,syukran. jzfs

Luqman Hakim said...

Silahkan Mbak... Monggo, senang kalo bisa berguna...

Tuting Pujiawati said...

kalo hawa makan buah quldi yang membuat dia dan adam harus turun ke bumi.
Pandora buka kotak yang berisi 'bencana'. Hmmm.... -_-'

niki amandasari said...

bkan kah pandora itu masa firaun ?...................setau aq sih smsa firaun karna di buat sesuai dengan masa orng yng lgi dpat cbaan mkanya d buat kotak pandora supya tdak menderita rakyat yang lgi dapat cbaan .dan kmudian hilang .....dan msalah isi d dla kotak pndora semasa ndi adam sudah ada knyknya .


dan itu se bagian dari hidup mnusia di alam semesta ini >>>>>>>>dan stu gi muatin juga si jaka taru buka membuka nasi yang sdang di masak oleh nawangbulan >>>>>>>>>>>>trim

niki amandasari said...

bkan kah pandora itu masa firaun ?...................setau aq sih smsa firaun karna di buat sesuai dengan masa orng yng lgi dpat cbaan mkanya d buat kotak pandora supya tdak menderita rakyat yang lgi dapat cbaan .dan kmudian hilang .....dan msalah isi d dla kotak pndora semasa ndi adam sudah ada knyknya .


dan itu se bagian dari hidup mnusia di alam semesta ini >>>>>>>>dan stu gi muatin juga si jaka taru buka membuka nasi yang sdang di masak oleh nawangbulan >>>>>>>>>>>>trim

Luqman Hakim said...

He he he, dari epos mana ya yang bilang kalo Pandora itu dari Fir'aun?

Legenda ini udah ada beribu-ribu tahun lampau, liat di perpustakaan manapun, kisah ini ada dari cerita Yunani kuno. Entah kalo misalnya Mesir menyabotase atau mencuri ide cerita Yunani kuno jadi bagian dari legenda sejarahnya.

Luqman Hakim said...

Khuldi itu buah, Pandora itu kotak. Lucu aja kalo Adam dan Hawa makan kotak dan bukan makan buah...

John AW said...

Cerita-cerita seperti ini tentang dewa dan dewi, baik yang berasal dari Yunani atau tempat/negara lain, dapat mendegradasi iman umat yang beragaman monoteis. Jadi, pembaca sebaiknya kritis, cerita apapun tetang dewa dan dewi, jgn sampai menjadi atau mempengaruhi pola pikir kia apalagi tindakan kita. Waspadalah. Be careful...be more rational