Sunday, October 19, 2008

Membajak Ide Kreatif itu Biasa!

Maaf dengan judul yang provokatif, tapi ini kenyataan. Membajak ide orang itu hal yang biasa di dunia kreatif, apalagi di dunia umum yang tak banyak mengerti tentang etika kreativitas sebuah karya.

Ide adalah sesuatu hal yang dicetuskan untuk menyelesaikan sesuatu masalah tertentu. Ide kreatif adalah sesuatu yang baru yang bisa saja belum pernah dipikirkan oleh orang lain dan tentunya berguna untuk sesuatu masalah. Tak perlu bicara panjang lebar mengenai ide-ide partai politik sekarang 'menjerat' massa menghadapi Pemilu 2009, banyak cara dan banyak ragamnya, begitu juga dengan saya yang akhirnya memparodikannya jadi "Profil Partai Politik yang tak Lolos Pemilu 2009".

Ketika saya (iseng) membuatnya saat Lebaran dan di-upload di Multiply hari Senin, 6 September 2009 pas hari pertama masuk kerja, saya sangat mempertimbangkannya masak-masak. Apakah ini akan menjurus ke pelecehan dan penghinaan Partai Politik (Pasal 310 ayat 1 dan 2 KUHP) atau malah kejahatan terhadap keamanan negara (Pasal 110 ayat 1 KUHP) yang mengacu pada pemberontakan (Pasal 108 KUHP), saya sangat concern terhadap apapun yang saya buat agar tidak melanggar UU yang berlaku di Indonesia.

Lewat berbagai pertimbangan, "tulisan aneh" itu saya upload juga. Pro-Kontra terjadi, beberapa temen yang sangat hati-hati malah menasehati saya untuk mengikuti jalannya yang hati-hati, bahwa tindakan saya ini nanti bisa ditangkap aparat karena penghinaan. Saya hanya tersenyum dan malas untuk melanjutkan pembicaraan. Biar saja pro-kontra itu ada, toh saya bukan orang yang buta hukum dan (Insya Allah sampai saat ini) masih tau apa-apa yang saya lakukan tidak menyerempet ke arah pelanggaran hukum.

Baru beberapa hari, iseng-iseng saya browsing di internet, agak kaget juga, sama persis seperti ketika saya membuat Ucapan Selamat Berpuasa dari Miyabi a.k.a Maria Ozawa, juga Selamat Idul Fitrinya, karya-karya saya itu beredar di internet, dari milis ke milis, dari blog ke blog. Beberapa temen yang concern mengenai UU HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) memanas-manasi, saya yang bikin kok ya orang lain yang mengaku-ngaku bikinannya dan idenya, jangan mau terima, tuntut! Lagi-lagi saya tersenyum. Saya juga malas membahas sesuatu yang sudah sangat saya sadari hal apa yang akan terjadi.

Hak Cipta atas ide kreatif itu sangat luas. Saya memang sengaja membuat sesuatu yang mungkin bisa dibilang kreatif, tapi oleh sebagian orang malah dibilang gila atau kurang kerjaan, yang sifatnya non komersil. Ini memang disengaja. Saya tengah latihan untuk tetap meliarkan rasa, membuat sesuatu hal yang baru, belum pernah dipikirkan orang dan perkara nanti orang membajak ide itu ya silahkan.

No heart feeling buat saya.

Lah ini latihan buat saya kok!

Latihan apa?

Ya latihan untuk tetap kreatif, karena pada dasarnya kreatif itu sama seperti bernafas, setiap tarikan nafas itu adalah harus selalu berpikir kreatif, tentunya yang berguna untuk sesuatu masalah.

* * * * *

Kenapa saya bikin "Profil Partai Politik yang tak Lolos Pemilu 2009" yang akhirnya orang-orang memajangnya di-blog mereka, bahkan menuliskannya di milis tanpa menyebutkan sumber asli dan saya tak mau ambil pusing?
  • Parodi profil partai politik ini sebetulnya adalah menyikapi kepusingan masyarakat dari sisi multi partai yang tak ada satupun dari mereka yang serius memikirkan rakyat. Parpol banyak, tapi berlomba-lomba mereka menjanjikan, mengiming-imingi rakyat dengan berbagai kesejahteraan. Usai pemilu mereka lupa sama rakyat yang dijanji-janjikan, asyik di gedung parlemen, sibuk bayar hutang-hutang saat pinjam dana dari sana-sini untuk kampanye. Kasihan rakyat dibodohi. Saya parodikan dengan tak ada satupun yang menyebut nama parpol mereka. Ini parodi, murni parodi. Kalo ada yang meng-copy dan menyebarluaskannya saya malah seneng, syukur-syukur dibaca sama orang-orang parpol itu, kalo kesentil saya malah tambah seneng, berarti ketauan kan? He he he...
Kenapa saya bikin Ucapan Selamat Berpuasa dari Miyabi a.k.a Maria Ozawa, juga Selamat Idul Fitrinya lantas banyak yang meng-copy, bahkah yang tak mengerti HAKI malah menghapus nama pembuatnya dan mengganti dengan namanya?
  • Kartu ucapan Selamat Puasa ini juga sebetulnya bentuk mengingatkan akan kewajiban umat Islam berpuasa, tapi dari sisi yang lain. Di dalam konsep kreatif mengenal istilah exaggeration, yaitu melebih-lebihkan, lebay kalo bahasa anak sekarang. Tujuannya ini untuk memancing perhatian dan edukasi dari sisi yang berbeda. Bahasa gampangnya begini, "Ayo dong Puasa! Miyabi aja Puasa!" Entah apa efek dari kartu ucapan digital itu yang pasti memang beredar banyak di milis-milis dan di berbagai blog. Lucunya, kartu ucapan digital Selamat Puasanya malah tak saya upload di multiply karena cuma buat bercandaan ke email-email temen saya.
* * * * *

Di header depan multiply saya saja ditulis "Sarana Kegilaan yang Mengakut", segala hal dan karya saya yang tak diterima oleh dunia komersil masuk di multiply ini. Parahnya di dunia kreatif, setiap hari orang-orangnya 'dipaksa' untuk berpikir kreatif, menelurkan ide-ide baru dan unik. Sama persis seperti pelawak yang setiap hari 'dipaksa' untuk lucu, padahal bisa saja pelawak itu baru kena musibah, rumahnya kemalingan, atau sanak-kerabatnya meninggal, dlsbg.

Menyatir judul lagu Serieus, "Rocker Juga Manusia", orang kreatif juga manusia, pelawak juga manusia, setiap manusia ya memang manusia. Punya rasa, punya hati. Pengen bertemen, pengen berbagi...

Mengenai judul di atas biarlah. Itu jadi kajian kita semua saja, apakah biasa dengan hal tersebut atau mau memegang kode etiknya. Membajak, mencontek, menyadur, terinspirasi itu arti yang berbeda-beda, tapi kepanjangan kalo ditulis di tulisan ini.

Kalo buat saya, silahkan ambil semua isi multiply saya ini bilamana berguna, tak ada apa-apanya, no heart feeling dan malah seneng kalo bisa berguna buat temen-temen semua, minimal buat bikin awet muda, ngendorin urat tegang di kepala, kalo 'kepala yang bawah' sih emang udah harusnya tegang bilamana diperlukan ya? Ha ha ha... Hush! Saru!

Salam damai, salam sahabat buat semua...

39 comments:

Yadi Yuwandi said...

an·an
dulu saya pake di billing warnet... tapi udah izin kan & ga di ganti http://luqmanhakim.multiply.com-nya

Luqman Hakim said...

He he he... Santai Mas, no heart feeling kok buat saya, entah buat yang lain. Soalnya ada temen musisi, sering galau gitu, pernah beberapa kali cerita kalo lagunya diaku-aku sama orang lain dan band lain, padahal dia bikin susah payah.

Dilematis tinggal di Indonesia Mas, HAKI dianggap barang becandaan. Kalo saya emang seneng becanda, jadi ya silahkan aja becanda, santai-santai aja kok, toh bukan karya komersial, kalo komersial baru deh...

Gitu lho, he he he...

NB: Mengenai Miyabi berjilbab cantik itu saya buat High Resolution lho Mas, mau di-print out segede lapangan bola juga nggak bakalan pecah, beda buat yang kartu ucapan saya bikin sekecil mungkin. Nah, kalo yang ini emang nggak boleh disebarluaskan, maaf ya, he he he...

>> manusia songong said...

jadi kesimpulanya basi gitu ya luq

Luqman Hakim said...

Kagak Nyong, kesimpulannya kontemplasiin aja, ha ha ha...

>> manusia songong said...

iya lagian ndak dibawa mati ini... malah kalo yang bermanfaat bisa jadi tambahan amal

Luqman Hakim said...

Nggak sampe kepikiran ke amal kali Nyong.
Bikin ketawa temen-temen aja intinya, he he he...

Indah kok dunia kalo diisi ketawa

Fendi Kurniawan said...

iya mas, terkadang aku ngepost foto hasil jepretan sendiri tau - tau ada diMP orang tapi biarlah semoga ada kesadaran. aku pernah pake hasil jepretan mas luqman yang iwan fals bercanda ama raya dan mba yos. Insya Allah sumbernya aku tulis di situ. sekali lagi makasih !!! Oh Ya, ada rencana kita fans iwan fals di MP mau KOPDAR di Leuwinanggung bareng bang iwan tapi waktunya belum pas. Kalo ada waktu yang pas, aku minta izin mau pake foto itu untuk kenang - kenangan yang akan dikasih ke iwanfals, itupun kalo mas luqman ngasih izin. Pokoknya makasih mas !!

Luqman Hakim said...

Monggo Mas, silahkan. Karya yang bukan komersil memang akan menuh-menuhin multiply saya, jadi silahkan saja, malah seneng kalo bisa bermanfaat buat orang lain.

Saya pernah kejadian, foto komersil saya, saya motret salah satu artis dan itu memang terikat kontrak hukum. Tiba-tiba ada temen yang usil, bongkar-bongkar komputer saya dan 'nyolong' foto itu lantas malah dipake salah satu hotel buat konser artis itu di sana. Saya kena imbas, tapi karena saya nggak ngerasa, saya coba cari tau sumbernya, begitu tau sumbernya dari temen sendiri, saya emang nggak bisa berbuat banyak, yang ada temen itu aja yang bertanggungjawab secara hukum, tapi saya tetep kena.

Nah, berawal dari sini saya selalu hati-hati buat karya komersil nggak sembarangan dipajang di internet. Kalo karya non komersil apalagi yang buat becandaan, juga karya-karya yang tak terpakai, masuklah di multiply ini.

Gitu lho...

Fendi Kurniawan said...

Alhamdulillah, makasih mas luqman !!! nanti saya kabarin kalo waktunya dah ketemu ama bang iwan

Luqman Hakim said...

Sama-sama Mas...

| andsisko | said...

hehehe...selama tidak persis bajak membuat karya yang hampir sama tidak apa2 cak. justru itu merangsang orang untuk bisa bikin karya lebih lain..lebih lain..lebih lain lagi akhirnya berbeda. saya kira juga harus ada pemahaman antara epitemologi pembajakan dan pinjam ide... Kalo ide bagaimanapun adalah abstrak dan tiap aplikasinya juga pasti berbeda walaupun seperti nampak serupa.

saya pelaku design juga dan banyak membuat design logo yang ternyata tidak sengaja ada kemiripin sedikit/banyak dg logo lain. awal2 dulu saya sempat GR, lho itu kan ide saya kok sudah jadi logo orang...lho tapi logo itu sdh ada sejak dulu, wah...ini yg maling saya atau dia pdhl jelas2 karyaku asli dari otak sambil merem....dll. Akhirnya saya ambil kebijakan diri...ya sudahlah kalo gitu ya bikin lagi, kreatif kok banyak protes! :)) kalau ada yg nyolong....sini2..aku bikin lagi nih..ada yg mau nyolong...monggo2....:)) Tapi tetep, Plagiarism, don't do it!

Luqman Hakim said...

Lah, mau wis ditulis lho Cak,

"Membajak, mencontek, menyadur, terinspirasi itu arti yang berbeda-beda, tapi kepanjangan kalo ditulis di tulisan ini."

Satujuh euy, heulah plagiat!

Halah, ini Jawa apa Sunda ya? Ha ha ha...

hareg gerah said...

waduh... banyak kalee tulisannya... malah puyeng kuliah pagi2.
yang jelas kreatif bisa di asah pake inisiatif,.... setuju gak?

Luqman Hakim said...

He he he...
Biar banyak tapi diselingin sama postingan komik juga kaleeeee....
Liat aja setelah ini...

Robert AA said...

Yah, buluk... Apa yg bisa gw bajak dari elo....

Luqman Hakim said...

Bacok nih! Bacok!
Mentang-mentang produsen bajakan 80-an...
Produsen bajakan kok ya dibajak, ha ha ha...

Yusuf Moch. said...

jadi inget design kursi ku, baru bikin sample... eh udah di bikin orang lain dalam jumlah banyak...
yooo nggawe sing liyane to... hehehe.... asli kejadian loh...

Luqman Hakim said...

Ya... Gitu lah Mas.

Eka Kurnia said...

klo saya mah gak pernah lupa link kan nama sampeyan kok

Luqman Hakim said...

No offense Mas...
Santai aja kok...

Fendi Kurniawan said...

santai ... (ngomongnya kaya Oma Irama)

Luqman Hakim said...

Ha ha ha...

aris danar said...

itu tanda bahwa kemampuan apresiasi orang indonesia mulai meningkat walaupun selalu salah arah hehe he..

~ siskaris ~ said...

laen kali diwatermark ae,,,,

| andsisko | said...

makanya jangan pake R (ntu...nyang dipojok2 logo ato gmbar :)) pake aja L for copyleft=kiri abissss=semua pribadi milik umum= sosialis.....wuakakakakkakak

| andsisko | said...

makanya jangan pake R (ntu...nyang dipojok2 logo ato gmbar :)) pake aja L for copyleft=kiri abissss=semua pribadi milik umum= sosialis.....wuakakakakkakak

Luqman Hakim said...

Ha ha ha...
Mosok tulisan diwatermark...

Luqman Hakim said...

Bujet...
GIF animasinya sadis amat....

eunique * said...

Mas Luqman aku barusan dpt e-mail yg partai pemilu yg gak lolos itu..., tp aku udh liat lsg dr "sang pencipta-nya" seh... oh iya, udh ada yg ngerasa keberatan atau dituntut getu dr para yg punya partai dgn logo yg mirip2 getu gak?

Luqman Hakim said...

Ada yang protes...

Dari PPPK, katanya gambar ka'bah digabungin sama tanda palang yang jadi simbol Nasrani. Lah aku kaget, itu kotak P3K kok ya jadi simbol Nasrani... Mengada-ada sih. Tapi aku jelasin rinci aja kalo aku nggak menyebut sedikitpun nama partai-partai yang lolos pemilu, di sinikan memang partai-partai yang nggak lolos pemilu. Kesamaan nama itu biasa...

Ini bukan jawaban politik lho, bukan juga jawaban ngeles, sampe kapan menghadapi sesuatu dengan keseriyusan taqlid melulu?

Fendi Kurniawan said...

mas, tadi ada MP yang nampilin ini, trus aku tulis di comment.... maaf sumber aslinya disini (aku kasih link ini) sejurus kemudian dia nambahin sumber di bawahnya...orangnya bae sich. mungkin karena dia ngga tau sumber aslinya so pas aku kasih tau dia bilang makasih !

Luqman Hakim said...

He he he... Makasih lo Mas Eka.

| andsisko | said...

hehehe...ya kebalik dong mas bukan kabah digabungin jadi palang nasrani.....justru palang nasrani tidak menjadi palang kalo kalo tidak disatukan, pertumuan kesatuan itulah ka'bah.....halaaaah..... :D

Luqman Hakim said...

Mbuh lah Mas, bicara semiotik nggak semua ngerti atau nggak satu pemahaman.
Aku juga nggak mau sok keminter ngebahas tanda-pratanda semiotikanya.
Jalan terbaik paling cengengesan, he he he...

| andsisko | said...

:D peringatan buat yang stress karyanya dibajak orang....jangan ampe suicide yak...:D

Emma Alaydrus said...

om... akhir nya aku dapat juga e-mail to forward to e-mail to forward mengenai profil partai tidak lolos pemilu... dan memang ga ada nama om luqman di situ....

Sabar yaa om.... :D

Luqman Hakim said...

Gpp...
Resiko GPL General Public License ya emang gitu...

Yusuf Moch. said...

wah mas... di milis saya tiba2 ada nongol juga yg mosting karya ma luqman.... padahal sy udah pernah mosting loh...
karena yg mosting alumni yg jd anggota dewan yang katanya terhormat itu.... ya semprot mawon....

Luqman Hakim said...

He he he... Self critism buat temennya Mas Yusuf juga biar balance kali Mas. Menertawakan diri sendiri. Cukup banyak juga yang mosting