Tuesday, January 6, 2009

Tempat-Tempat Suci di Palestina



Adanya tempat-tempat suci tiga agama samawi (Yahudi, Kristen dan Islam) di Palestina, menjadikan tanah harapan yang beralih tanah sengketa, merupakan pusat perhatian dunia sejak berabad-abad lamanya.


Sumber Tulisan: luqmanhakim.multiply.com

Tembok Ratapan (Wailing Wall)


Terletak di Bait Suci Kota Yerusalem, merupakan sisa bangunan kejayaan Kerajaan Nabi Sulaiman sekitar tahun 960 SM. Namun saat Raja Herodus (73–4 SM), raja peralihan dari kerajaan Israel Kuno (Jewish) dengan Romawi berkuasa, bangunan ini diperbaiki dan dibuat Kuil Herodus di tahun 19 SM. Kuil itu tak bertahan lama, beberapa tahun kemudian sekitar 70 M dihancurkan oleh bangsa Romawi saat peperangan.

Orang Yahudi, di mana ketika Kuil Herodus ini jadi tempat ibadah dan diruntuhkan oleh orang Romawi, mereka meminta pada penguasa untuk diperbolehkan lagi beribadah di sana. Mereka percaya bahwa ketika bangunan ini dihancurkan, ada beberapa bagian yang tidak hancur dan dianggap sebagai tempat kediaman 'Shekhinah' atau tempat hadirnya Tuhan. Berdoa di tempat ini sama artinya dengan berdoa pada langsung Tuhan. Baru pada masa pemerintahan Byzantium yang dipimpin oleh Ratu Aelia Eudocia, di tahun 425 M orang-orang Yahudi diperbolehkan beribadah lagi di tempat ini.

Disebut Tembok Ratapan (Wailing Wall) ini semua lagi-lagi karena ulah bangsa Barat, ketika Inggris mendarat di tempat ini tahun 1917 M saat Perang Dunia I, melihat sekumpulan orang Yahudi yang tengah berdoa sambil meratap-ratap penuh penyesalan, mereka menamainya dengan sebutan itu.

Tata cara berdoanya memang seperti itu, selain juga menulis di atas kertas permintaan doa-doa mereka dan menyisipkannya di celah-celah dinding agar langsung dijawab oleh Tuhan.


Gereja Kelahiran (Church of Nativity)
 


Tepat di jantung kota Betlehem, Palestina, di atas sebuah (Holy Crypt), berdiri gereja tempat kelahiran Yesus Kristus. Menurut beberapa pendapat, gereja ini dibangun di masa tahun 100–165 oleh misionaris St. Justin Martyr. Namun pendapat lain mengatakan bahwa dibangun oleh Raja Constantine I di tahun 330 M.

Setiap tahun tempat ini ramai oleh para peziarah yang ingin beribadah dan merayakan Natal tahunan atau hari kelahiran Yesus langsung dari tempatnya dilahirkan.


Masjidil Aqsa


Tempat suci umat Islam, terletak di Kota Lama Yerusalem dengan bagian dasarnya adalah Tembok Ratapan (Wailing Wall). Dibangun pada masa Kekhalifahan Umayyah (Dinasti Bani Umayyah) oleh Khalifah Abdul al-Malik dan baru selesai di masa pemerintahan anaknya, Khalifah al-Walid pada tahun 705 M atau tahun 73 H.

Masjidil Aqsa, lokasi yang sempat menjadi kiblat pertama sebelum dipindah ke Ka'bah di dalam Masjidil Haram, tempat yang dulunya bernama 'Baitul Maqdis'.

Bangunan yang pernah hancur beberapa kali akibat gempa bumi tahun 746 M dan diperbaiki di masa Khalifah al-Mahdi tahun 780 M. Gempa bumi kedua tahun 1033 M dan meruntuhkan sebagian besar bangunan masjid, dua tahun sesudahnya diperbaiki kembali di masa Khalifah Ali az-Zahir.

Masjid ini sempat dibakar Israel tanggal 21 Agustus 1969 M, dan direnovasi kembali. Lucunya, mimbar Saladin yang rusak saat dibakar itu oleh Dinasti Bani Hasyim, penguasa Kerajaan Yordania diganti dengan mimbar buatan Jepara, Indonesia. Keluarga Bani Hasyim yang dipercaya masih keturunan langsung Nabi Muhammad, menurut tradisi Arab merupakan keluarga yang bertanggungjawab dalam pemeliharaan tempat-tempat suci Islam di kawasan ini.

Tambahan:


Kubah Shakhrah (Dome of Rock)


Terletak di dalam tembok kompleks Al-Haram Asy-Syarif yang berada di dalam tembok Kota Lama Yerusalem. Sering disalahartikan sebagai Masjid Omar yang merupakan tempat Sayyidina Umar Bin Khattab bershalat ketika tiba di Baitul Muqaddis.Yang paling sering disalahkaprahkan, bangunan ini sering dikira Masjidil Aqsa, padahal bukan. Ini adalah bangunan Islam tertua yang memang bagian dalam komplek daerahnya memanjang sampai ke Masjidil Aqsa, di mana di dalamnya itu terdapat sebuah batu besar yang dipercaya merupakan tempat berdirinya Nabi Muhammad saat berangkat Isra' dan Mi'raj ke Sidratul Muntaha.

Dibangun sekitar tahun 687 sampai 691 M di masa pemerintahan Umaiyyah oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan.



Luqman Hakim
Rabu, 7 Januari 2009

Dari berbagai sumber

51 comments:

| andsisko | said...

ini sejarah lho temen2...bukan propaganda apa2...nanti terus dianggap propaganda....hehehe...
ini kota sejarah dimana smua agama pernah hidup rukun sebelum pulitik2an. lho..kok malah aq yg defensif....LOL....

Aida (-_-) said...

kalau di urut dari atas hingga bawah,
itu semua juga tempattempat bersejarah kita semua sebagai orang islam.
bukannya rakus. tapi, yesus ya nabi kita.
sulaiman juga nabi yang kita imani.
.
thanksforsharing :)

Yassin Ramdan said...

Indonesia....!!!!!!

Maseko Sakazawa said...

Kang, yg gambar masjid Aqsa itu kekna bukan itu deh.. Cek di sini http://www.darulnuman.com/semasa/aqsa.html semoga bermanfaat~

Ade Puspitasari said...

ijin copas, mas! :) btw, masjidil aqsa masih jadi masjid n bisa tuk shalat ga ya?

| andsisko | said...

untuk ngoda2 saja. peradban nusantara jauh lebih tua dari peradaban islam, perahu2 besar jaman kebesan cina kabarnya juga banyak mengambil kayu dari nusantara dan pembuatnya dari jawa, yg kemudian dikirim ke negaranya. begitu juga kapal2 digjaya jaman viking, kabarnya juga perakit dan kayunya dari jawa. jangan2 nabi Nuh juga orang jawa...karena dimana di tanah arab dapat kayu untuk membuat kapal segede dan sekuat itu? :) hayo...do mikir

Luqman Hakim said...

Ditulisan sebelumnya, "Palestina, Israel dan Daerah yang Direbutkan" saya ceritain juga kalo dari jaman 12000 SM peradaban udah lahir di sini...

Luqman Hakim said...

Salah Mas! Bukan tempat bersejarahnya umat Islam!
Tapi ini tempat bersejarahnya agama-agama samawi yang akarnya itu sama.

Bisa jadi sama seperti orang yang make Windows Vista atau XP. Pertanyaannya kenapa masih banyak orang yang masih make Windows 2000, 98, bahkan 95 atau malah Windows ME yang jelas-jelas banyak bugs-nya?
Bahkan yang lebih lagi, ada yang ogah make Windows, mending make Macintosh, Linux atau malah Sun Solaris yang tergolong nggak populer.

Tingkat kenyamanan orang beda-beda make OS, sama juga seperti keyakinan orang yang berbeda dalam beragama.

Pipinya Mas Adlan said...

banyak org mengira dome of rock itu masjid al-aqsha, ini jg perlu di luruskan,,,
oh ya, di palestina ada juga batu yg melayang sekitar 5-10 cm dr tanah
konon kabarnya batu itu tempat pijakan nabi muhammad waktu peristiwa mi'raj

Luqman Hakim said...

Bersyukur tuh tinggal di Indonesia, masih adem-ayem-tentrem, orangnya masih bisa menerima perbedaan pendapat dan hidup bersama. Jangan dikaitin sama politik ya, pernyataan ini...

Luqman Hakim said...

Silahkan Put...

Trus, sape yang bilang Masjidil Aqsa nggak bisa buat shalat?
Sape yang nyuci otakmu Put? Sape? Bilangin Aa' Uman...!

Halah! Lebay!

Ha ha ha...

Luqman Hakim said...

Nggak mau komentar aaaahhh...
Ntar aja kalo ketemu baru kita 'berantem'-nya Mas, he he he...

Kalo ke Jakarta Mbok ya kontak-kontak gitu kenapa.
Ntar deh kalo saya ke Jokja, Insya Allah saya kabari juga.

Luqman Hakim said...

Ada semua di tulisan ini kan Mas...

Sally Setianingsih said...

Jika merujuk ke Al-Quran maka tanah Kana'an (Palestina) adalah tempat bersejarah umat yg berTauhid. Bukan Eropa! yang menganut Politheisme.

Kejadian 13:12-15
Abram menetap di tanah Kanaan (Palestina).... berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan,sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya.

QS.Al-Baqarah : 124
Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku". Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim".

Berdasarkan petunjuk Al-Quran juga ayat dari Perjanjian Lama tersebut maka, yang berhak atas tanah Palestina adalah keturunan nabi Ibrahim as. Yakni Ismail as & Ishak as. Ismail as yang keturunannya adalah Nabi terakhir Muhammad SAW dan Ishak as yang keturunannya adalah nabi Musa as & Nabi Isa as.

Plzz di perhatikan lagi, 2 dalil diatas disebutkan : "keturunan"
jadi ngga bicara tentang ideologi. Sedangkan yahudi sekarang yang bermukim di tanah Palestina adalah orang yang berideologi yahudi yang eksodus dari Rusia & Eropa. Sama sama sekali tidak punya darah Ibrahim as.

Nah, jadi pantaskah penduduk Zionist sekarang bermukim di Palestina??? Ngga!
Sy setuju dengan Ahmadinejad, "Israel harus dihapuskan dari peta dunia!"

| andsisko | said...

yang benar "Salah Mbak!"

| andsisko | said...

pertanyaannya? Kita bangsa indonesia ini turunan siapa..opo iya turunan Ismail? kok kayaknya ndak potongan. opo bener turunan ishkak?..ndak juga tuh. lha......gimana, kalo saya kok ndak yakin turunan keduanya.....

| andsisko | said...

goda2 lagi....
di quran ada disebut kutukan jadi kera....(cari ndiri ayatnya, biar pinter)...ah ya mosok di arab ada hewan yg namanya kera? harusnya kan lebih gampang Tuhan ngutuk jadi unta...tapi kok kera? satu2 nya kera yang populasinya tidak berkurang dan berlebih ya yang di sangeh bali.....dari jaman dulu yan cuman 300 ekor...wiiiiss piye kuwi?

Luqman Hakim said...

Waw, tambahan informasi baru. Makasih banget Mbak!
Seperti teori Ras-Ras Unggul yang sebenernya mengklasifikasikan manusia berdasarkan kelas-kelas yang dibikin sendiri sama manusia.

Luqman Hakim said...

He he he, ya udah revisi.
"Salah Mbak!"

Luqman Hakim said...

Haiyah...
Kalo begini adanya kita emang wajib ketemu Mas. Kapan bisanya?

Luqman Hakim said...

Ada yang curiga kita ini masuk dalam daftar "Missing Link" nggak? He he he...

Luqman Hakim said...

ya..

Marto Art said...

M komen agak panjang nih Man;

Kenapa gak sekalian diterjemahin Rumah Suci? kan Bait yng dimaksud dari Baeth atau Bath (tolong di koreksi) yg artinya rumah. Terus ada juga loh yg gak sempat datang langsung, tapi bisa meratap via HP.

Gereja itu lebih masuk akal dibangun St. Justin Martyr. seorang misionaris yg dari namanya istilah "Martir" berasal. Constantin convert dari pagan jadi kristen seingatku saat doi sekarat mo mati.

Yg benar mana nih?;
"Daerah di mana sebelum dibangun masjid ini dipercaya sebagai tempat keberangkatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad ke Sidratul Muntaha".. atau "Ini adalah bangunan Islam tertua yang di dalam kompleknya terdapatnya sebuah batu besar yang dipercaya merupakan tempat berdirinya Nabi Muhammad saat berangkat Isra' dan Mi'raj ke Sidratul Muntaha"

Dan ada loh yg ngomong gini; Dome of Rock itu dibikin israel lebih "terlihat" agar umat islam salah mengartikan.

Dan Man, memperbandingkan Agama dengan revolusi makin majunya windows sungguh gak seimbang. bersuasana tendensi. Sorry nieh, gak sepakat.

Buat Andsisko yg suka Goda-goda;

He he.. rasanya kamu akan suka baca bukunya Fahmi Basya (one Million Phenomena) tuh.. ayo cari daripada godain lukman. (man, ajak dia ketemuan dirumahku juga ya)

Buat Sally;

Apa yang membuat dirimu yakin sedemikian kuat memisahkan "Keturunan" dengan Ideologi Yahudi? Tahukah kamu bahwa satu-satunya bangsa yang paling ketat memegang teguh garis keturunan sekaligus agama adalah Yahudi? Ketika diaspora terjadi, mereka semakin ketat menjaga itu, karena keturunan bagian dari prinsip dasar Jeudhaisme.

Tapi tenang, kalau berdasar agama, (kalau!). aku tetap sependapat denganmu bahwa mereka tidak pantas menetap di sana. Aku hanya gak sepakat dengan alasanmu berdasar keturunanisme itu.

Sayangnya aku juga gak gitu tertarik alasan berdasar agama. yang imbasnya pengusiran dan pembunuhan. Agama apapun itu.

Sorry Man, panjang.

Luqman Hakim said...

Gpp...

Mas Sisko itu orang Jokja, susah di Kendurian Cinta Kyai Kanjeng. Ini juga lagi diusahain ngumpul-ngumpul sama dia. Mudah-mudahan baca dan tertarik ngobrol panjang ketimbang di MP ato fesbuk doang.

Trus kata-kata yang mempertanyakan tentang tempat Mi'raj ke Sidratul Muntaha tadi udah kukoreksi. Bahwa sesungguhnya daerah di Masjidil Aqsa dan Kubah Shakrah memang daerah yang dipercaya sebagai tempat keberangkatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad ke Sidratul Muntaha. Maaf nggak teliti dan nulisnya ngebut pas malem-malem saking nafsunya, lagipula emang nggak punya editor, he he he...

Propaganda dan segalanya, saya sih lebih kepada memperkuat basis dalam keluarga dengan segala perbedaan ketimbang penghujatan dan pembohongan untuk legitimasi menutupi kelemahan.

... edited

Jauh lebih penting nguatin semua dari komunitas kecil, dari keluarga, dari lingkungan. Membesar jadi kelurahan, kecamatan, sampai negara. Ketimbang berpikir ideal merubah dari yang global tapi yang skala kecil yang dihadapi di sehari-hari didiemin begitu aja...

Tentang Mbak Sally dengan komentarmu ini, aku ketawa aja ya. Karaktermu itu yang emang begitu udah jadi khas, he he he... Kalo kata orang Jawa; Yen watuk iso diobati, yen watak digowo mati...

| andsisko | said...

hehe...sangat bisa jadi mas! saya masih mencurigai peristiwa banjir bandang peristiwa Nuh as

| andsisko | said...

wah...aq belum pernah baca tuh.. walopun pernah ada dulu yg merekomendasikan. jadi pengen cari bukunya.

@ lukman & martoat:
hehehe...boleh kapan2 ngobrol2, tp saya ndak ada bahan kongkrit lo...ini cuman kerjaan sama temen2 maiyah yg buat tafsir terbuka sejak beberapa tahun lalu, tp dipikir-pikir...kok kayanya ada variabelnya tafsir2 nakal itu kalo kita bicara tentang kebesaran dan sejarah kuno nusantara ditarik dari masa ratu sima ke belakang....gatal tho....hehehe..
tak rekomen salah satu temen maiyah yg juga kawan diskusi bab besarnya masa lalu nusantara. pernah dengar bahwa dulu india adalah salah satu kadipaten kerajaan jawa?....hehehe...goda lagi..goda lagi....

http://mazagus.multiply.com/

| andsisko | said...

eh...tambain lagi ah...
pernah ada curious gak kenapa israel dan banyak tempat perwakilan israel di dunia memakai kata java? java tel aviv dan sebagainya.....dan kenapa israel tdk pernah 'konfrontasi' lsg dengan indonesia....coba buka www.us-israel.org Perhatikan, isinya tdk ptg, tp lihat ada yg menarik tdk pada tampilan halamannya?....hehe..selamat penasaran!

Luqman Hakim said...

Ha ha ha... Samaan ngocolnya. Pokoknya harus ketemu...!

Luqman Hakim said...

Lah, aku itu bukan dari salah satu partai politik Mas, bukan juga tengah mendekati dalam unsur menyebarkan paham dan ideologi. Cuma pengen ketemu, ngobrol nggak jelas itu pasti. Waktu itu panjang, satu waktu ketemu sebuah keharusan. He he he...

Luqman Hakim said...

Ha ha ha... Bener, bener.
Linkmu juga udah kubuka.
Ada pertanyaan tapi nggak kulempar di sini, nanti aja kalo ketemu.

Ada curios dan goda-goda juga dari dunia IT:
Platform bahasa pemrograman Java dari Sun Microsystem ditemukan tahun 1991 sama Green Team-nya James Gosling, software developer yang juga bapaknya bahasa Pemrograman Java.

Satu waktu, Green Team nongkrong di cafe (macam Starbucks gitu) dan lagi mikirin bikin satu bahasa pemrograman yang keras, tapi handal. Saat itu mereka mesen kopi hitam yang kental. Saat diminum, Green Team ini bilang kalo kopi ini bener-bener keras, nendang dan rasanya beda. Ditanyalah ke orang cafe itu, ini kopi apa. Mereka bilang ini Java Coffee...

James dapat ide menamakan bahasa pemrograman baru yang lagi mereka diskusiin buat diciptain. Sejak saat itu juga, kelak ketika jadi, bahasa pemrograman mereka jadi berlogo cangkir kopi dan bernama Java.

Trus kaitannya dengan Israel?
Apakah James Gosling itu orang Yahudi?
Ah, cari tahu sendiri di sini ya:

Who is James Gosling? [wikipedia]

Ade Puspitasari said...

ga tau...keknya dibisikin tapi ga tau ama sapa...hehehe
maksudnya tu..apa iya kondisi masjidil aqsa itu masih memungkinkan tuk sholat disana. Mm, denger dari mana ya? kalo itu dijadiin kaya t4 wisata fungsinya. tau?

Ade Puspitasari said...

aa uman???????? hehhehehehe...sok2 nyebut diri aa. emang org sunda ya? hehe

| andsisko | said...

hehe...sudah kuduga...tidak akan jauh-jauh. haqqul yakin bahwa kata java hanya paten kita...tinggal selusur jejak saja to...

Luqman Hakim said...

Iya Put, bener kamu dan aku koreksi jawabanku...

Di bagian dalam Masjidil Aqsa memang nggak bisa dipake lagi buat shalat, soalnya Israel pernah bikin ulah ngegali tanah di bawah Masjidil Aqsa, meriksa artifak peninggalan Kerajaan Sulaiman buat bukti agamanya. Kalo ada, Masjidil Aqsa mau dirubuhin dan diganti sama Sinagog. Lagipula satu bagian tembok di sana itu emang jadi Tembok Ratapan (Wailing Wall).

Sampe sekarang Masjidil Aqsa bisa berdiri nggak rubuh aja, itu udah kekuasaan Allah SWT (aku ini merinding nulisnya!), soalnya fondasi bangunan di sana udah nggak ada dan bisa rubuh seketika.

Shalat yang diadakan itu di luar Masjid, di pelataran, di bagian dalamnya nggak mungkin dipake buat shalat, soalnya bisa rubuh tiba-tiba dan membahayakan.

Majidil Aqsa ini adalah bukti sejarah awalnya perintah Shalat saat Rasulullah berangkat ke Sidratul Muntaha, karena awalnya memang dari sini...

Luqman Hakim said...

Di kantor malah aku dipanggil Aa' Uboi.

Asal muasalnya begini, sebagaimana Superman, dulu waktu kecilnya kan Superboy, lah aku kalo kelakuannya kayak orang dewasa, maka dipanggil Aa' Uman, tapi karena temen-temen bilang kelakuanku masih anak-anak, jadi dipanggil Aa' Uboi. Sebutan Aa' buat bukti kalo aku emang udah tua, padahal kelakuan masih kayak anak kecil, kata temen-temen sih, ha ha ha...

Biar bukan orang Sunda, kenapa nggak dipanggil Aa'? Abis keren euy sebutan Aa' ketimbang Bang, Mas atau Uda, he he he...

Luqman Hakim said...

Mas Sisko duluan gimana?
Aku ntar tinggal nyadur, he he he...

Ade Puspitasari said...

wuuuaaaaahhhhh, makasih banget Aa` Umaaannn. you`re my herooo (supermarket) hihihihi..thx ya buat jawabannya. Ku jadi ndak binun lagi. soale kemarin liat berita di tipi, tentara israel "ngusir" org2 palestine yg pengen sholat jumat di masjidil aqsa gitu. ku kan jadi aneh..katanya ga bisa dipake sholat tapi koq org2 pada penen sholat disana :)

Ade Puspitasari said...

ya, makanya sekarang marak ya sebutan aa...kaya Aa Boxer, Aa Gym, Aa yg lainnya juga. Aa uman? hehehe..bolehlah :)

Luqman Hakim said...

Ha ha ha...

Luqman Hakim said...

Lain kali 'pegangan'-nya yang kuat ya? He he he...

Ade Puspitasari said...

siiip..^.^ nanti kalo ku binun lagi nemplok aje di mas luqman. hahaha kaya cicak aje

Luqman Hakim said...

Uokeeeehhh...

kasyfi khuzaimi said...

Slm.cuma mahu berkongsi ilmu....mengenai sejarah peradaban..Agama dan umat Islam lah yang terawal, bermula dari nabi Adam a.s., bukannya agama Yahudi ke, kristian ke.bukan juga agama Hindu @ Budha..tersasar jadi Christian kerana pengikut ajaran itu terlalu taa'sub pada nabi Isa a.s, sehingga menganggap Jesus the Christ sebagai the begotten son of God, anak kandung Allah pasal Maryam tidak ada suami tapi mengandungkan Isa... tersasar jadi Judaism, disebabkan kaum Yahudi, yang sebelumnya kebanyakan nabi daripada keturunan Yahudi, termasuk nabi isa, menolak nabi Muhammad kerana berketurunan Arab bukan Yahudi, sejak dari itulah mereka memusuhi umat Islam kerana keturunannya Arab. Mereka tidak dapat menerima hakikat bangsa Arab terpilih selepas mereka, sedangkan mereka berperasaan merekalah kekasih dan anak-anak Allah, yang terpilih mengatasi bangsa-bangsa lain. jadi di sini ialah masalah moral mereka, egois. Sebab itu, fahaman agama mereka berasaskan bangsa 'Judaism', mereka sembah Jealous God, tuhan khusus untuk mereka sahaja... Mereka tak sedar, pilihan Allah bukanlah kerana keturunan tetapi taqwa, keimanan kepada Allah. Oleh itu, kita sebagai umat Islam wajib yakin, kitalah yang terpilih kerana keimanan kita kepada Allah semata, tiada tuhan anak, atau tuhan peribadi...tapi tuhan untuk semua manusia dan alam semesta...kita sokong umat Islam di palestin tak kiralah apa bangsa mereka, mungkin juga orang Yahudi yang memeluk Islam....kerana janji Allah 'promised land' adalah untuk mereka yang berpegang kepada jalan Allah yang benar bukannya yang terseleweng. mengenai, peninggalan sejarah, yang berkaitan dengan nabi Sulaiman, Daud, Ishak, Yaakub, Isa etc adalh berhubung kait dengan umat Islam kini, warisan kita....mengenai agama2 samawi iaitu Yahudi, kristian dan Islam...adalah berevolusi dengan sejarah manusia yang sering melakukan kesalahan, kerana secara tabii'nya manusia sentiasa lupa, bernafsu, tamak dan ada kepentingan peribadi.....cuma ada satu sahaja agama yang hak dari sejak awal sejarah manusia hingga kiamat iaitu Islam, yang wajib ditegakkan oleh manusia yang berperanan sebagai wakil @ khalifah Allah di muka bumi ini. Wallahua'lam

Marto Art said...

Alamak, cantek bener ilmu pak cik. Pantas banyak orang ramai sini belajar ke nagari pak cik. Wow!








Lantas balik negeri dan Boooommm!!!

Luqman Hakim said...

Ya... Tapi ada khilafiyah juga di sini Kak, khilafiyah mengenai agama Islam yang Kak Zaimi bilang bahwa agama pertama itu Islam, saya bilang itu agama Samawi, nama cuma sebutan. Persis seperti begini, untuk umat Islam apa benar Tuhannya itu Allah? Lantas kalau Tuhannya itu Allah, kenapa ada nama "Allah" itu sendiri?
Sesungguhnya itu representasi sifat illahiyah yang memang dimasukkan ke pemahaman manusia, bahwa manusia butuh hal-hal yang berkenaan dengan pencernaan otaknya.

Di sini saya bilang Kak Zaimi nggak apa ya? Ini juga sebutan brother atau sister dalam bahasa Indonesia...

Luqman Hakim said...

Haiyah Cak Marto... Ojo lah Mas, khilafiyah ben ae, toh namba-nambani khazanah, luwih urip tur berwerno... Luwih colorful.

Mbuh, aku sing sensitif opo kelewat ngejogo perasaan lawan bicara, gak eruh. Poko'e perbedaan iku indah kok menurutku

Marto Art said...

Sojape sok lesgie dab. blas poya ponye.



poya hoho lah. yesterday afternoon boy sok lesgi. tukang ndangil kabudhayan sok ndalil. biangane pabu, sacilat. soory dab esmosi.

Luqman Hakim said...

He he he...

Cuma orang yang pernah makan asam garam di Jokja lah yang ngerti bahasa ini.
Santai Mas, santai, kapan waktu kumpul, gelut pemikiran tur nge-jam bareng nyuk. Aku nyekel gendang ae, opo nyekel wedhok sing kayak Miyabi wuokeh tenan kuwi, ha ha ha...

Roni genEtika said...

indikator interseksi antar peradaban salah satunya adalah bahasa, dialek atau tulisan/literasi ...
dalam tradisi timur, bahasa selalu ditulis dalam konsonan tanpa huruf hidup ... jawa, cina, bahkan hebrew sekalipun. Kalau Jawa dan Jewish sebenarnya secara literal sama hanya dibedakan dialek membacanya. Yesus dibaca Isa dalam bahasa arab bukan kebetulan, dalam transliterasi hebrew bukan Yesus tetapi Esau, sama dengan Isa (arab) karena rumpunnya sama yaitu semit. banyak hal kalau kita mau telusuri satu2 bisa sedikit membuka tabir siapa manusia Jawa (bukan jawa suku tapi jawa nusantara) dan hubungannya dengan yahudi.
maaf ... tapi saya sudah sempet nulis (meski berantakan) mengenai itu. di http://genethics.multiply.com/journal/item/5
he .. gimana caranya embeded link ya ...??? hehe

Luqman Hakim said...

Meluncur...

Evrin 'tjappLien' said...

aku wong blog goblog dewe cuma pengin pinter..
tapi sing jelas wis meningkat pesat amarga blog'e mas Luqman, heheh..